Refund Tiket Pesawat dan Hotel? Ini Caranya

Tuesday, 07 April 20 Herry Drajat

Penyebaran COVID-19 yang semakin masif menyebabkan pembatasan perjalanan ke berbagai negara dan daerah-daerah di Indonesia. Selain itu, adanya imbauan untuk melakukan physical distancing dan tetap diam di rumah menjadikan masyarakat mengurungkan niatnya untuk melakukan perjalanan. Karenanya, banyak masyarakat yang melakukan pembatalan tiket perjalanan maupun pemesanan hotel, salah satunya dialami oleh tiket.com.

Selama terjadinya COVID-19 terdapat lonjakan signifikan pengajuan pengembalian dana dari para pelanggan. Hal ini menyebabkan Customer Care tiket.com memerlukan waktu lebih untuk merespons permintaan bantuan.

Untuk pengajuan pengembalian dana, pelanggan bisa menghubungi Customer Care tiket.com melalui tiga cara, yaitu WhatsApp, ​email, dan telepon. Namun, di tengah tingginya permintaan bantuan yang masuk, tiket.com menyarankan untuk menghubungi melalui​ email​ dan WhatsApp. Pelanggan harus menginformasikan ​Order ID dan detail perubahan yang diinginkan agar setiap permintaan bantuan yang masuk tercatat di sistem tiket.com untuk segera ditindaklanjuti.

Setelah mengajukan permintaan bantuan, pelanggan juga diimbau untuk tidak melakukan pengulangan permintaan bantuan berkali-kali untuk nomor ​Order ID yang sama. Hal ini untuk menghindari lebih panjangnya antrean permintaan bantuan di Customer Care tiket.com. 

Bagi pelanggan tiket.com yang ingin mempersingkat waktu, disarankan mengajukan pembatalan pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan melakukan pengajuan secara mandiri melalui fitur​ Smart Refund ​yang tersedia di aplikasi tiket.com.

Untuk pembatalan pemesanan hotel, pelanggan dapat mengajukan ​refund hanya jika pemesanan hotel bersifat ​refundable​ atau dapat dikembalikan berdasarkan kebijakan hotel.