Turki Luncurkan Program Pendaftaran Vaksinasi untuk Pekerja Pariwisata

Friday, 16 April 21 Bonita Ningsih
Antalya Turki

Tourism Turkey mengumumkan bahwa Turki telah meluncurkan Program Sertifikasi Untuk Keamanan Pariwisata atau Safe Tourism Certification Programme. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para pekerja di bidang pariwisata, wisatawan lokal, dan juga wisatawan asing.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Kesehatan, dan juga Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA). Program ini diluncurkan dalam rangka menyambut wisatawan internasional yang akan hadir di saat musim pariwisata mendatang.

Sejak meluncurkan Program Sertifikasi Untuk Keamanan Pariwisata, Turki telah menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat dan disiplin agar memastikan Turki aman dari penyebaran virus COVID-19.

BACA JUGA:   Destinasi Incentive Trip Favorit di Indonesia

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan posisinya sebagai salah satu tujuan wisata teraman di dunia. Turki akan terus berinvestasi dalam Program Sertifikasi Untuk Keamanan Pariwisata karena di dalamnya terdapat program vaksinasi sektor pariwisata pertama di dunia.

Saat ini, Turki telah menyiapkan program vaksinasi bagi para pekerja yang bergerak di sektor pariwisata. Langkah ini sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan pembukaan musim pariwisata dan memastikan bahwa layanan pariwisata di negara tersebut tetap dibuka sepanjang tahun.

BACA JUGA:   Kunjungan Turis Ke Bangkok Menurun 7 Persen Per Hari

Untuk mengakomodir program vaksinasi ini, Turki telah menyiapkan sebuah platform online khusus yang dapat diakses oleh para instansi pariwisata. Melalui platform ini, setiap instansi dapat mendaftarkan karyawannya untuk mengikuti program vaksinasi COVID-19. Program ini dilakukan menggandeng Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja.

Program vaksinasi ini akan dikhususkan bagi para pekerja pariwisata yang sudah terdaftar di Safe Tourism Certification Programme. Seluruh elemen yang terkait pariwisata, seperti karyawan sektor akomodasi, restoran, pemandu wisata, transportasi, dan agen perjalanan akan menjadi prioritas program tersebut. Turki juga memberikan kesempatan bagi perwakilan resmi instansi pariwisata untuk mendaftarkan pegawainya mengikuti program vaksinasi.

BACA JUGA:   Kampung Wisata di Yogyakarta akan Diakreditasi

Turki akan mewajibkan akomodasi yang memiliki kamar lebih dari 30 untuk mendaftar dalam program vaksinasi ini. Saat ini, sudah lebih dari 8.000 instansi disertifikasi dan akan semakin memperluas ruang lingkupnya.