Universitas Pancasila Akan Buka Prodi MICE dan Event

Wednesday, 05 August 20 Bonita Ningsih
Universitas Pancasila

Universitas Pancasila (UP) Jakarta dikenal sebagai perguruan tinggi swasta pertama yang melahirkan Fakultas Pariwisata khusus jenjang sarjana. Fakultas Pariwisata ini dibentuk pada 28 November 2008 dan penerimaan mahasiswa barunya dilakukan pada tahun 2009.

Devi Roza Kausar, Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, mengatakan, saat ini UP baru memiliki satu program studi di Fakultas Pariwisata, yakni S1 Pariwisata. Ke depannya, UP akan menambah satu program studi lagi, yaitu MICE dan Event atau Pengelolaan Konvensi dan Acara. Prodi terbarunya ini sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sehingga tinggal menunggu eksekusinya saja.

“Sekarang tinggal tunggu saja kabar dari Menteri Kemendikbud untuk membuka sistem pembelajaran barunya. Kalau sudah dibuka, tinggal kita masukkan saja prodi barunya ini,“ kata Devi.

Berbeda dari prodi pertamanya, UP akan menghadirkan prodi MICE dan Event khusus D4. Hal ini dilakukan lantaran mengikuti nomenklatur nama-nama prodi yang sudah diatur oleh Perguruan Tinggi (Dikti) di Indonesia.

“Buat saya tidak ada masalah karena tenaga MICE memang lebih bagus terjun langsung ke lapangan dan melakukan praktik di sana,” Devi menambahkan.

Berbagai persiapan sudah dilakukan pihak kampus untuk membuka prodi terbarunya, mulai dari dokumen hingga fasilitas pendukung perkuliahan. Meskipun sistem perkuliahan lebih banyak di luar kampus, pihaknya sudah menyiapkan beberapa laboratorium khusus untuk menunjang pembelajaran dari mahasiswa prodi MICE dan Event.

“Di UP, kita sudah memiliki aula sendiri, jadi rencananya kita mau bikin setup meeting room di sana. Kita juga punya masjid yang besar dan di bawahnya itu ada aula yang biasa untuk mengadakan acara pernikahan. Jadi, diharapkan, nantinya aula tersebut bisa digunakan anak-anak untuk praktik,” jelasnya lagi.