Perhatikan Tips Ini Saat Terpaksa Harus Bepergian

Tuesday, 22 September 20 Bonita Ningsih
Hygiene Pass

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperketat aturan Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 14 September 2020. Hal ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran COVID-19 yang semakin tinggi.

Kebijakan tersebut tentu memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan sehari-sehari, seperti pekerjaan dan keperluan bisnis. Namun, jika aktivitas di luar rumah tidak dapat ditunda, Anda dapat melakukan berbagai pencegahan agar tidak terpapar COVID-19. Dalam hal ini, RedDoorz sebagai platform pemesanan dan manajemen hotel online di Asia Tenggara akan memberikan beberapa tips bepergian saat kondisi pandemi.

– Siapkan APD Lengkap

Saat hendak bepergian, selain syarat-syarat dokumen untuk traveling, pastikan Anda telah mempersiapkan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap, seperti hand sanitizer, masker, face shield, dan sarung tangan.

Pemilihan masker juga harus tepat, yakni yang memiliki tiga lapis perlindungan. Tidak cukup membawa satu, Anda harus menyiapkan cadangan masker lainnya agar memastikan tubuh terlindung dari virus corona. Selain itu, Anda juga harus mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak aman saat berada di tempat-tempat keramaian, seperti bandara, stasiun, dan terminal.

– Pilih Penginapan Dengan Higienitas Tersertifikasi

Saat bepergian, pilih akomodasi yang memiliki program kebersihan yang telah terstandarisasi oleh ahlinya. Di sini, RedDoorz telah memiliki program HygienePass yang merupakan program sertifikasi untuk sanitasi hotel atau akomodasi.

Program ini berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan lembaga terdepan di bidang kesehatan masyarakat yang menyediakan saran bagi industri mengenai kebijakan kesehatan.

HygienePass diluncurkan pada Juli 2020 dengan tujuan untuk memastikan bahwa higienitas dan sanitasi benar-benar diimplementasikan di seluruh properti RedDoorz. Hal ini dilakukan guna memperkecil risiko penyebaran COVID-19 di area hotel. Hingga saat ini, program sertifikasi ini telah menjangkau lebih dari 400 mitra properti RedDoorz di seluruh Indonesia.

– Dekat dengan Rumah Sakit

Saat akan melakukan aktivitas di luar rumah, pastikan Anda mengetahui lokasi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat dari tempat menginap. Hal ini menjadi perhatian khusus agar Anda tidak panik jika mengalami gejala sakit saat berada di penginapan. Anda akan lebih mudah dibawa dan dirujuk ke rumah sakit terdekat dari lokasi penginapan.

– Bawa Perlengkapan Makan serta Obat-obatan Pribadi

Meskipun akomodasi tempat menginap masih menyediakan layanan makanan dan layanan pesan-antar makanan secara daring, Anda harus tetap melindungi diri dengan membawa perlengkapan makan sendiri. Selain itu, persediaan obat-obatan pribadi juga sangat disarankan untuk dibawa saat bepergian di tengah pandemi.

– Pilih Tempat Pertemuan di Ruang Terbuka

Jika perjalanan dinas harus melibatkan pertemuan dengan beberapa relasi, usahakan untuk memilih tempat pertemuan di ruangan terbuka. Pasalnya, ruangan terbuka memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19. Usahakan juga untuk tidak membuka masker atau APD lainnya saat melakukan pertemuan bisnis demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama.

Tips ini ditujukan untuk Anda yang benar-benar terpaksa keluar rumah demi pekerjaan, perjalanan dinas, atau lainnya. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki kepentingan untuk di luar rumah, lebih baik menahan diri demi kepentingan bersama dan menurunkan angka penyebaran COVID-19.