ASITA dan Selebgram Berkolaborasi Promosikan Pariwisata

Thursday, 02 May 19 Bayu Hari

Wonderful Noon yang berlangsung pada 30 April 2019 di Graha Niaga, Jakarta menjadi wadah kolaborasi para selebgram dengan ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia) untuk mempromosikan destinasi pariwisata. Acara ini selaras dengan semangat Indonesia Incorporated untuk membangun pariwisata nasional.  

Menurut Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara, melalui berbagai sinergi yang dilakukan antara ASITA dan para media enthusiasts ini pariwisata diharapkan dapat berpotensi mendorong perekonomian masyarakat. “Saya berharap para influencer bisa bersinergi dengan ASITA karena mereka yang paling tahu destinasi-destinasi pariwisata,” ujar Ukus Kuswara. 

Diikuti oleh para sosmed enthusiasts yang terdiri dari blogger, vlogger, dan youtuber, serta anggota ASITA, Wonderful Noon yang mengusung tema “Share the Mantra of Sumatera Beneath The Sky of Jakarta” mengajak para peserta bergembira, memperkenalkan serta mempromosikan berbagai kebijakan pariwisata, khususnya pariwisata Sumatera secara digital. Beberapa yang dipromosikan di antaranya wisata Cross Border, 10 destinasi Bali Baru, Nomadic tourism di Danau Toba, dan Badan Otoritas Danau Toba (BODT).

Bekerja sama dengan Financial Club Jakarta, Fokus Nusantara, dan Acaraki Jamu Sinde Budi Sentosa, keseruan acara Wonderful Noon diisi berbagai lomba dan kuis dengan hadiah-hadiah menarik dari Co-branding Wonderful Indonesia. 

Berbagai hiburan juga memeriahkan acara Wonderful Noon sepanjang hari. Pada sore hari dihibur oleh Soulful, malam harinya para peserta mengikuti gala dinner seraya menikmati berbagai suguhan atraksi. Mulai dari Tari Randai, atraksi pembuatan jamu dari Acaraki, hingga Laser Man Show.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara mengatakan, generasi milenial memiliki kekuatan berupa basis komunitas yang cukup penting di era industri digital 4.0 ini. ” Hal ini dapat menjadikan pariwisata lebih maju lagi. Karena jarimu adalah pesonamu,” ujar Ukus Kuswara. 

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti, pariwisata berbasis digital merupakan instrumen yang baik untuk menarik minat kunjungan dan memobilisasi wisatawan milenial. Selain itu, industri juga bisa memanfaatkan para selebgram tersebut untuk berpromosi.

Selebgram yang hadir dalam Wonderful Noon Jakarta 2019 di antaranya Mr. D, Aditya Surya Pratama, Stuart Collin, Intan Saumadina, Jeje Soekarno, Intan Erlita, Vira Yunita, dan Dimas Ramadhan.

“Para blogger, youtuber, vlogger, dan Selebgram yang hadir dalam Wonderful Noon selama ini pantas kami sebut aktivis digital pariwisata. Komunitas dari generasi milenial ini bisa menyejahterakan masyarakat sekitar,” kata Guntur. “Sekarang ini bukan lagi mulutmu harimaumu tapi jemarimu dapat menyejahterakan.”