Pilih Meeting di Museum atau Perpustakaan?

Tuesday, 23 February 21 Harry Purnama
NuArt Sculpture Park

Meeting di hotel atau gedung pertemuan itu hal biasa. Apabila ingin menyajikan nuansa berbeda, tak salah jika mencoba sensasi meeting di museum (seni) atau perpustakaan. NuArt Sculpture Park di Bandung dan Perpustakaan Nasional di Jakarta layak direkomendasikan kepada klien Anda.

NuArt Sculpture Park

Terletak di wilayah Bandung Utara, Jawa Barat, NuArt Sculpture Park yang dibangun oleh Nyoman Nuarta, maestro seni patung Indonesia, dapat menjadi alternatif tempat untuk kegiatan pertemuan atau gathering perusahaan.

Berluas kurang lebih tiga hektare, hanya 40 persen yang dibangun sehingga kesan rimbun nan hijau masih terasa kental. Nuansa aman terasa di setiap bangunan di tempat ini, mulai dari teater, The Craft Boutique, restoran dan kafe, hingga fasilitas pertemuan.

Ada empat fasilitas ruang pertemuan di museum ini, mulai dari yang berkapasitas 30 orang hingga 150 orang. Setiap ruang dibekali oleh fasilitas meeting standar, seperti proyektor, layar, dan sound system. Selain itu, juga terdapat ruang terbuka hijau berkapasitas 1.000 orang yang dapat digunakan untuk pelbagai acara.

BACA JUGA:   Ada Venue Baru di Alam Sutera

Sejatinya, museum yang dibuka pada 2016 ini awalnya hanya digunakan untuk kegiatan pendidikan seni dan workshop. Namun, pada 2019, pihak pengelola memperluas pangsa pasarnya untuk menangkap aktivitas yang dilakukan korporasi, semisal meeting, gathering, maupun launching produk.

“Anak-anak muda silakan gunakan fasilitas kami, baik untuk kegiatan sosial maupun edukasi. Kami siap berkolaborasi, sepanjang itu masih berhubungan dengan seni dan budaya. Kami juga siap untuk membantu kegiatan workshop untuk seni tari, musik, teater, dan nyanyi,” kata Nyoman Nuarta.

Membuat event di NuArt akan didapat pengalaman unik, selain melihat karya seni juga akan mendapatkan informasi sejarah di baliknya, filosofinya, serta social value dari penciptanya. NuArt adalah venue yang mengombinasikan seni, budaya, dan alam sebagai sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan. 

BACA JUGA:   Dian Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ballroom Baru Di Segitiga Emas Jakarta

Alamat

Jl. Setraduta Raya No L 6, Ciwaruga, Bandung, Jawa Barat, 40151

Perpustakaan Nasional RI 

Perpustakaan Nasional

Konsep Perpustakaan Nasional RI yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 September 2017 memang berbeda dari perpustakaan lainnya. Terdiri dari 24 lantai, perpustakaan yang terletak di jantung ibu kota ini ditengarai merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Pembeda perpustakaan ini dengan lainnya berada di lantai 24. Di sini terdapat executive lounge yang menawarkan panorama lanskap ibu kota. Selain itu, terdapat rak buku raksasa setinggi empat lantai yang terletak tepat di tengah ruangan.

Ruang-ruang di perpustakaan nasional tak sekadar untuk menyimpan koleksi, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai acara, semisal seminar, forum diskusi, workshop, pameran, atau kegiatan CSR. Untuk kegiatan yang bersifat non-komersial, pengelola pun tak mengenakan biaya sewa pada penyelenggara.

BACA JUGA:   ICC Sydney Raih Penghargaan UFI Sustainable Development Award 2020

Beberapa ruangan yang dapat dipakai untuk penyelenggaraan acara tersebar di beberapa lantai. Semisal di lantai 2, terdapat auditorium berkapasitas 250 orang, dan ruang konferensi pers yang berkapasitas 50 orang.

Di lantai empat terdapat ruang serbaguna berkapasitas 500 orang yang dapat dibagi menjadi dua ruang terpisah. Ruang ini juga dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pameran, terutama yang terkait dengan pendidikan dan karya seni.

Terkait dengan penggunaan ruang, Perpustakaan Nasional hanya meminjamkan ruangan, sedangkan untuk kebutuhan F&B, penyelenggara dapat menggunakan vendor sendiri.

Alamat

Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, Jakarta Pusat