Enam Destinasi Terbaik yang Dapat Dikunjungi di Luar Pulau Jawa

Thursday, 30 December 21 Bonita Ningsih

Seiring dengan terkendalinya kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia, keinginan masyarakat untuk berlibur pun kian meningkat. Industri pariwisata dan perhotelan yang sebelumnya mengalami penurunan, saat ini berangsur-angsur membaik.

Beberapa tempat wisata pun sudah kembali dibuka dan telah dipadati oleh para pengunjung. Berikut ini, beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi kembali pada tahun 2022, berdasarkan rekomendasi dari RedDoorz.

1. Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang

Terletak di tengah kota Palembang, Sumatera Selatan, tempat ini menjadi salah satu hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia. Masyarakat dapat menikmati nuansa alami hutan pinus untuk beristirahat dari perkotaan, atau sekadar berekreasi bersama keluarga. Taman alam ini juga menyediakan banyak hiburan menantang seperti off-road tracking dan flying fox.

2. Sungai Siak, Pekanbaru

Sungai yang memotong kota Pekanbaru ini merupakan asal mula dari kota tersebut. Berbagai revitalisasi juga telah dilakukan di daerah sungai Siak untuk menjaga keindahan sungai tersebut. Keindahan sungai ini dapat dilihat pada sore hari sambil menikmati langit senja di sekitaran sungai. Beragam aktivitas lainnya juga dapat dinikmati seperti menyantap kuliner dan juga tur sungai menggunakan kapal di daerah dermaga.

BACA JUGA:   Rumah Hobbit Mangunan, Tempat Swafoto Layaknya di Hobbiton

3. Kawasan Golden City, Batam

Kawasan yang berada di wilayah Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau, ini memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Cheng Ho yang memiliki arsitektur bergaya Tionghoa. Destinasi wisata lainnya adalah Dino’s Gate dan Taman Pantai Golden Prawn yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerabat.

4. Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Tugu Khatulistiwa menjadi tempat dirayakannya Hari Kulminasi Matahari setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Saat fenomena ini berlangsung, matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa dan bayangan tugu akan “menghilang” selama beberapa detik meskipun diterpa sinar matahari. Tempat ini juga disebut sebagai Equator Monument, dan terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:   11 Kota di Korea Menanti Event MICE Anda

5. Pusat Mangrove Graha Indah, Balikpapan

Wisata alam edukasi ini terletak di dekat pusat kota Balikpapan sehingga mudah untuk dijangkau oleh masyarakat. Pusat Mangrove Graha Indah dijadikan sebagai tempat terbaik untuk belajar mengenai fungsi dan peranan hutan mangrove.

Seperti diketahui, hutan mangrove memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan di sekitar pesisir pantai. Daya tarik utama yang dapat dinikmati di Pusat Mangrove Graha Indah adalah fasilitas perahu untuk menyusuri Sungai Somber. Masyarakat juga dapat melihat beberapa hewan endemik Kalimantan yakni Bekantan dan berbagai jenis pohon bakau.

BACA JUGA:   Pemkot Depok dan FTUI Kembangkan Destinasi Wisata Bersejarah di Depok Lama

6. Pantai Malalayang, Manado

Pantai yang terletak di ujung selatan kota Manado, Sulawesi Utara ini merupakan satu dari sepuluh zona yang masuk sebagai Bali Baru di tahun 2020. Pantai Malalayang terkenal dengan pesona taman bawah lautnya yang masih terjaga, di mana banyak ikan-ikan langka endemik Manado yang masih bisa ditemukan di perairan pantai tersebut.

Pesona alam di sekitarnya juga tidak kalah menarik yaitu dengan banyaknya spot foto untuk mewarnai sosial media para pengunjungnya. Memiliki ombak pantai yang masih tenang, pantai ini dapat menjadi destinasi terbaik untuk bersenang-senang dan beristirahat.