Tempat yang Tepat untuk Menikmati Keindahan Bima Sakti di Indonesia

Monday, 03 January 22 Harry Purnama

Saat hari-hari penuh dengan pekerjaan dan tugas, akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan penat. Melihat bintang jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk melepas stres saat berakhir pekan bersama teman atau keluarga.

Menatap langit yang penuh dengan bintang pasti akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik, terlebih saat Bima Sakti dapat terlihat dengan jelas. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa menyaksikan keindahan Bima Sakti di planetarium. Namun, untuk pengalaman yang lebih seru, kamu juga bisa mengunjungi beberapa lokasi di Indonesia untuk menikmatinya langsung dengan suasana yang damai.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki keindahan yang memukau dengan wisata alam yang beragam di berbagai titik di setiap daerah. Kamu harus pergi jauh dari kota untuk melihat Bima Sakti dengan jelas, sebab langit di perkotaan sudah banyak tercemar dengan polusi asap dan cahaya sehingga kemungkinan bintang untuk terlihat menjadi lebih kecil.

Sekarang ini, banyak kalangan pencinta alam yang mengunjungi beberapa tempat ini membawa drone untuk mengambil gambar keindahan Bima Sakti dengan jelas. Untuk kamu yang ingin menikmati hal yang sama, simak beberapa lokasi di Indonesia berikut ini.

BACA JUGA:   Banyuwangi Bersiap Menyambut Gaya Baru Milenial dalam Berwisata

Gunung Bromo

Lokasi ini memang sudah populer sebagai salah satu tempat wisata yang cocok untuk menikmati pemandangan alam. Namun, tidak hanya melihat terbit dan terbenamnya matahari, Gunung Bromo akan terlihat begitu menakjubkan saat kamu menginap di sana malam hari bersama dengan bintang-bintang.

Gunung Bromo terletak di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 2329 meter di atas permukaan laut. Dengan lokasinya yang tinggi, Anda bisa melihat bintang lebih jelas dan lebih dekat. Para wisatawan disarankan untuk camping dan bermalam di sini untuk melihat indahnya Bima Sakti. Jangan lupa siapkan baju hangat karena udara bisa menjadi sangat dingin di sini.

Pulau Hoga, Wakatobi

Pulau kecil yang terletak di Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini merupakan lokasi yang tepat untuk melihat bintang dengan jelas. Kabupaten Wakatobi juga dikenal dengan aktivitas perairannya yang menyenangkan sehingga tidak sedikit pengunjung dari luar wilayah yang datang untuk menyaksikan indahnya pemandangan alam yang cantik.

BACA JUGA:   Gunung Rinjani Menjadi Anggota Geopark UNESCO

Banyak wisatawan, khususnya Amerika dan Eropa, datang ke tempat ini untuk menikmati air laut yang jernih dan bermalam demi bertemu dengan bintang-bintang di langit. Bima Sakti paling jelas terlihat pada bulan Maret sampai September, jadi jangan lupa untuk merencanakan liburan kamu dari jauh-jauh hari.

Ranu Kumbolo

Danau air tawar ini berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Tempat yang berada di dataran tinggi ini masuk ke dalam rekomendasi sebab lokasinya yang jauh dari kata polusi. Di sini, kamu bisa melihat cahaya yang jelas saat memandangi Bima Sakti di malam hari dengan begitu jelas. Tidak seperti di kota, bintang-bintang yang ada di langit akan terlihat jauh lebih banyak dan lebih terang.

Pemandangan yang ada pasti akan selalu membuat siapapun takjub karena keindahannya. Kamu disarankan untuk berkemah di Ranu Kumbolo untuk pengalaman melihat bintang yang tidak akan terlupakan. Di sini, akan sangat cocok untuk mengambil gambar dengan drone agar seluruh pemandangan dapat kamu kenang saat pulang nanti.

BACA JUGA:   Likupang Akan Dijadikan Destinasi Sport Tourism

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut. Pengalaman melihat bintang di gunung ini bisa menjadi cukup sulit tetapi paling dikenang. Kamu akan memerlukan energi yang cukup untuk mendaki gunung, tetapi dapat dipastikan semua itu terbayar saat Bima Sakit muncul di depan mata saat malam menjelang.

Untuk mendaki gunung ini, kamu diharuskan untuk datang dalam keadaan yang sehat alias fit. Saat mencapai puncak dan menghabiskan malam di sana, kamu akan merasa terpuaskan dan tentunya terkejut dengan pemandangan yang luar biasa indah. Tidak ada lokasi lain yang dapat memberikan pengalaman melihat bintang seperti di Gunung Rinjani.