Menikmati Alam di Kabupaten Tasikmalaya

Monday, 16 January 23 Harry
tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya memiliki bentang alam yang cukup lengkap, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, hingga wilayah pantai. Karenanya, wilayah Kabupaten Tasikmalaya memiliki destinasi wisata yang beragam pula. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Kampung Naga

Kampung Naga merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan dari perkotaan. Pasalnya, di tempat ini para pengunjung bisa melihat kehidupan yang masih tradisional dan menjunjung tinggi kearifan lokal serta sangat menghormati alam. Selain cara hidupnya yang masih tradisional, tempat ini juga tidak dialiri listrik dan segala bentuk modernisme.

kampung naga

Salah satu keunikan Kampung Naga adalah bentuk bangunan rumah yang dari dulu tidak berubah dan tidak boleh berubah. Bangunan di Kampung Naga terbuat dari bambu dan kayu, serta atap terbuat dari ijuk. Tak hanya itu, jumlah bangunan di Kampung Naga juga tidak boleh bertambah, yakni hanya 111 bangunan.

Nama “Naga” berasal dari kata nagawir yang berarti ‘menggantung’. Ini karena letak Kampung Naga yang berada di lembah dan tampak seolah menggantung di bukit. Pengunjung yang datang menggunakan kendaraan harus parkir di area di atas tebing, lalu menuruni lembah melalui anak tangga yang sudah disediakan. Tidak ada tiket masuk yang dikenakan di Kampung Naga.

Fasilitas umum seperti masjid dan warung tersedia di kampung ini. Ada juga toko suvenir yang menjajakan kerajinan tangan penduduk. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, warga menyediakan rumahnya sebagai homestay.

Lokasi: Neglasari, Kec. Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46471 (https://goo.gl/maps/JLUjQFUcAVdRQKJr6)

2. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu rekomendasi tujuan wisata bahari di Tasikmalaya. Bahkan, pantai ini disebut juga sebagai Uluwatunya Tasikmalaya. Pasalnya, wisatawan bisa melihat debur ombak dari atas tebing.

pantai karang tawulan

Pantai ini memiliki embusan angin yang kencang serta deburan ombak yang besar sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian sambil memandang lanskap laut biru yang cantik.

Apalagi, pengelola pantai menambahkan fasilitas gardu pandang dan spot-spot foto instagramable agar pengunjung betah berlama-lama di pantai ini. Pantai Karang Tawulan juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat sunset dan sunrise.

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan cukup lengkap, antara lain toilet, musala, area parkir yang luas, dan beberapa gazebo.

Lokasi: Cimanuk, Kertamukti, Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat 46395 (https://goo.gl/maps/HwwZRsfh16CALP5c8)

3. Pemandian Air Panas Cipanas Galunggung

Di tengah dinginnya kawasan Gunung Galunggung, mengistirahatkan badan dengan berendam air panas bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apabila Anda sedang berkunjung ke wilayah ini, cobalah untuk mampir ke pemandian air panas Cipanas Galunggung yang berada di kaki Gunung Galunggung.

pemandian air panas Cipanas Galunggung

Pemandian air panas ini memiliki beberapa kolam yang nyaman sehingga para pengunjung tidak berdesakan di satu kolam saja. Selain itu, ada juga kolam yang dilengkapi dengan atap sehingga tidak perlu takut kepanasan. Suasana di kawasan wisata pemandian air panas Cipanas Galunggung saya bisa dibilang lengkap meskipun sederhana saja.

Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain tempat parkir yang luas, musala, pasar kecil yang menjual suvenir, arena permainan anak, serta kamar bilas.

Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46415 (https://goo.gl/maps/kunJgVBLkQ9nYrz67)

4. Danau Lemona

Untuk menikmati wisata kuliner di Tasikmalaya, Anda bisa berkunjung ke Danau Lemona Salopa. Tempat ini tidak hanya menawarkan kuliner khas Sunda, tapi juga beragam aktivitas lainnya untuk bermain.

Untuk masuk ke area utama restoran, wisatawan harus melewati jembatan gantung yang terbuat dari bambu. Jembatan sepanjang sekitar 100 meter ini akan membawa Anda melintasi danau lebih cepat. Pasalnya, alternatif lain untuk menuju ke area utama restoran adalah melalui jalan setapak di tepian danau.

danau lemona

Menikmati makanan di gazebo yang disediakan akan ditemani pemandangan danau dan semilir angin yang sejuk. Restoran ini juga menyediakan fasilitas bus wisata yang akan membawa anak-anak menyusuri kawasan pedesaan dan melihat perkebunan hijau di Salopa. Restoran Danau Lemona juga menyewakan perahu dayung untuk anak-anak maupun dewasa yang bisa digunakan untuk mengelilingi danau.

Selain restoran, Danau Lemona juga menyediakan tempat menginap berupa vila dengan beragam tipe.

Lokasi: Jalan Raya Salopa, Kawitan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46192 (https://goo.gl/maps/wfcv8r2F6p3eFYWM6)