Pulau Kemaro, Destinasi Wisata Khusus Imlek

Friday, 08 February 19   17 Views   0 Comments   Herry Drajat
Pulau Kemaro

Perayaan tahun baru Cina, yang di Indonesia lebih akrab disebut Imlek, banyak diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Banyak wisatawan yang pergi mengunjungi destinasi yang terkait dengan perayaan ini untuk menikmati keunikan asimilasi dua budaya Indonesia dan Cina yang tergambar dari tiap ritualnya. Salah satu destinasi yang bisa menjadi tujuan wisata Imlek adalah Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.

Pulau Kemaro memiliki berbagai cerita dan akar adat yang unik. Salah satu yang paling terkenal adalah cerita tentang cinta sejati antara Tan Bun An, Pangeran dari Cina, dengan Siti Fatimah, Putri Raja Palembang. Kisah cinta beda budaya ini menjadi bukti kedekatan budaya antara Indonesia dan Cina sudah terjalin sejak lama.

Rangkaian acara pada perayaan Imlek di Pulau Kemaro di antaranya penyembelihan kambing hitam di depan makam Siti Fatimah, seremonial upacara dan pembacaan doa yang sakral dipimpin Lochu, penampilan kesenian-kesenian khas perayaan Imlek seperti barongsai, wayang orang khas Cina, dan kesenian tradisional lainnya yang jarang dijumpai di hari-hari biasa.

Antusiasme masyarakat untuk turut hadir dan berpartisipasi dalam rangkaian acara Imlek di Pulau Kemaro ini makin bertambah dari tahun ke tahunnya. Karena itulah, muncul biro perjalanan lokal yang memfasilitasi kebutuhan dan permintaan pengunjung. Mereka menawarkan berbagai paket tur, baik untuk wisata Pulau Kemaro saja atau sekaligus berwisata ke tempat-tempat menarik lainnya di Palembang.