Tur Virtual Museum Secara Gratis di Tengah Wabah COVID-19

Thursday, 26 March 20 Bonita Ningsih
Paul Getty Museum
J. Paul Getty Museum berikan tur virtual gratis kepada seluruh penduduk dunia.

Wabah COVID-19 tidak hanya berdampak terhadap kesehatan dunia, tetapi juga berdampak terhadap industri pariwisata. Kondisi ini membuat banyak negara di dunia menerapkan sistem lockdown. Oleh sebab itu, banyak tempat wisata dunia yang ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Penutupan sementara ini juga dilakukan oleh sejumlah museum di beberapa negara.

Kendati dilakukan penutupan sementara, sejumlah museum memberikan tur virtual kepada seluruh masyarakat dunia. Tidak hanya diperuntukkan bagi pencinta seni, virtual tur ini juga dapat digunakan bagi siswa yang sedang menerapkan sistem belajar di rumah akibat wabah COVID-19.

Dikutip dari situs online luar negeri, The Guardian membagikan secara detail museum mana yang dapat dikunjungi melalui tur virtual. Masyarakat diminta untuk mengunjungi beberapa platform yang menyediakan layanan ini dan memilih cara menikmatinya. The Guardian memberikan beberapa cara untuk menikmatinya, yakni dengan video interaktif 360 derajat atau tur keliling museum lengkap dengan suara dan foto dari setiap museum.

Ribuan karya seniman dunia, mulai dari lukisan, patung, instalasi, dan lainnya, dapat dinikmati melalui layar komputer atau smartphone Anda. Hanya bermodalkan internet, seluruh masyarakat dunia dapat menikmati tur virtual museum ternama di dunia.

Selain untuk belajar, cara ini juga dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Berikut ini beberapa museum di seluruh dunia yang membuat tur virtual.

Halaman : 1234