1.000 Tenda Glamping Kelana Akan Disiapkan Untuk Perkuat Akomodasi MotoGP

Monday, 21 February 22 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah menyiapkan sejumlah alternatif akomodasi bagi wisatawan yang ingin menyaksikan langsung ajang MotoGP 2022 di Mandalika. Salah satu akomodasi yang tengah disiapkan adalah glamping (glamorous camping) yang berkolaborasi dengan beberapa pihak terkait di dalamnya.

Saat ini, glamping yang telah tersedia di dekat lokasi acara dinamakan Glamping Kelana. Alternatif akomodasi ini terletak di kawasan Mandalika, tepatnya Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. 

BACA JUGA:   Japan Travel Fair Kembali Digelar Dengan Tawarkan Promo Menarik

“Karena minat yang sangat tinggi terhadap MotoGP, jadi akhirnya karena kreativitas bangsa kita dibuatlah tenda-tenda ini sebagai alternatif hunian,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga menjelaskan, penempatan lokasi glamping ini disesuaikan dengan tren pariwisata yang terjadi di Indonesia pascapandemi Covid-19. Menurutnya, saat ini banyak masyarakat yang lebih mengutamakan wisata berbasis alam saat melakukan perjalanan pariwisata.

BACA JUGA:   Macao Tourism and MICE Product Updates Hadirkan 104 Pelaku Industri di Jakarta 

“Wisatawan lebih suka di alam terbuka dan kami melihat kunjungan ke desa wisata mengalami peningkatan 30 persen dan (persentase peminat) ekowisata juga naik,” ungkap Sandiaga.

Saat ini, Glamping Kelana baru tersedia 20 unit tenda dan akan terus ditambah menjelang perhelatan MotoGP 2022. Glamping Kelana ditargetkan akan menyediakan 1.000 unit tenda dengan kapasitas 2.000 orang di dalamnya. Target tersebut sebagai salah satu cara dalam menghadapi melonjaknya permintaan dan antusiasme terhadap MotoGP.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Hadirkan Pelaku Pariwisata Jepang ke Bali Untuk Uji Coba Warm Up Vacation 

“Ini adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi kami semua. Tentu ini juga merupakan bagian dari komitmen dan sinergi semua pihak,” Sandiaga menambahkan.