Kemenparekraf Dorong Event Olahraga di Likupang

Thursday, 17 February 22 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memastikan lima destinasi super prioritas yang telah ditetapkan agar semakin berkembang. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan mencanangkan dan mendukung sejumlah event olahraga internasional di lima destinasi super prioritas

Sebagai salah satu destinasi super prioritas, Likupang, akan digunakan untuk menggelar sejumlah kegiatan baik dari skala nasional hingga internasional. Tidak hanya di kawasan Likupang saja, Kemenparekraf, juga akan memanfaatkan lokasi lainnya yang masih berada di Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaan event.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa salah satu event yang akan didorong di Sulawesi Utara adalah event wisata berbasis olahraga. Dalam hal ini, Kemenparekraf, berencana akan menjadikan Kawasan Likupang sebagai lokasi acara World Beach Games.

BACA JUGA:   Ini Syarat Berkunjung ke Bali Bagi Pelaku Perjalanan Luar NegeriĀ 

“Jadi yang sedang kita upayakan adalah Likupang-Manado untuk World Beach Games. Ini yang harapannya bisa menjadi pertimbangan,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, rencana penyelenggaraan event tersebut sebagai salah satu upaya Kemenparekraf dalam mempromosikan potensi pariwisata. Dalam pelaksanaannya, Kemenparekraf akan memaksimalkan kekuatan komunitas seperti Genpi (Generasi Pesona Indonesia), Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional), serta para pemangku kepentingan di Sulawesi Utara agar acara berjalan lancar. Apalagi, seluruh pihak terkait di dalamnya telah mengemukakan komitmennya untuk membangkitkan perekonomian yang dimulai melalui pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA:   Bigo Live Selenggarakan BIGO Indonesia Awards Gala 2023

Event-event akan tetap berjalan dengan protokol kesehatan dan juga melibatkan komunitas,” Sandiaga menambahkan.

Melalui kolaborasi tersebut, Sandiaga berharap event-event dapat berjalan dengan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Dengan adanya sebuah event, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sulawesi Utara dan juga menggerakkan ekonomi.

“Jadi ini diharapkan sesuai dengan keinginan masyarakat yang sudah dua tahun ini terdampak oleh pandemi COVID-19,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda mengungkapkan pihaknya akan terus meningkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya. Salah satu poin penting yang menjadi perhatian bersama adalah dalam hal pelaksanaan event.

“Hari ini kita melaksanakan event internasional salah satu side event dari KTT G-20, yaitu Women 20 (W-20). Mudah-mudahan event yang kita adakan ini bisa terus mewarnai Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas,” ucap Joune.