20 Negara Berpartisipasi dalam SIAL Interfood 2023

Thursday, 02 November 23 Bonita Ningsih

The Global Food Marketplace atau Salon International de I’alimentation (SIAL Interfood) akan kembali digelar untuk ke-24 kalinya di Jakarta. Pameran berskala Internasional untuk industri makanan, minuman, jasa boga, hotel, restoran, kafe, serta bakery ini akan diselenggarakan pada 8-11 November 2023 di Jakarta International Expo (JIEXpo), Kemayoran, Jakarta.

“Kami bangga dapat kembali menyelenggarakan pameran SIAL Interfood 2023 di Jakarta. Acara ini menjadi barometer untuk mendorong bangkitnya industri makanan minuman dan horeca di Indonesia,” kata CEO Krista Exhibitions, Daud D Salim, saat konferensi pers di Jakarta pada 1 November 2023. 

Daud menjelaskan, SIAL Interfood menjadi acara puncak dari dua pameran serupa lainnya yang diselenggarakan di dua daerah berbeda. Pada Juni 2023, pihaknya telah berhasil menggelar East Food Indonesia di Surabaya dan Bali Interfood pada September 2023.

SIAL Interfood 2023 akan menghadirkan peserta pameran dari 895 perusahaan yang berkecimpung di industri makanan dan minuman. Tak hanya dari perusahaan besar, peserta pameran juga berasal dari 100 UMKM terbaik Indonesia yang bergerak di bidang makanan dan minuman. 

BACA JUGA:   JMFW 2024 Perkuat Kolaborasi dengan Kementerian Lembaga

“Jika dibandingkan tahun lalu, peserta tahun ini mengalami kenaikan kurang lebih 20 persen. Ini menjadi kabar baik untuk kita semua karena artinya industri makanan dan minuman semakin berkembang dari tahun ke tahun,” jelasnya lagi.

Peserta pameran berasal dari 20 negara dunia seperti Indonesia, Bulgaria, Pakistan, China, Singapura, Malaysia, Greece, Jordan, Turki, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Taiwan, Polandia, United Arab Emirates, India, Tunisia, hingga Belanda. Dengan banyaknya peserta pameran yang berpartisipasi, Daud, menargetkan dapat menghadirkan 85.000 pengunjung selama empat hari pameran.

“Melalui pameran SIAL Interfood diharapkan pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia akan go global di mancanegara. Melalui pameran ini, industri ini mampu menampilkan berbagai inovasi baru terkait makanan, minuman, jasa boga, dan bakery,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   Swiss-Belhotel Serpong Gelar Pameran Pernikahan Untuk Pilihan Trend di 2023

Penyelenggaraan SIAL Interfood 2023 juga akan dibarengi dengan pameran lainnya yaitu Seafood Show Asia Expo 2023 dan INAShop Expo 2023. Dengan adanya tiga pameran tersebut, pihak penyelenggara akan menggunakan seluruh hall di JIExpo untuk mengakomodir seluruh acara tersebut.

“Kami akan menempati seluruh area gedung yang ada di JIEXpo mulai dari Hall A hingga D. Dengan luasan lahan kira-kira 40.000 meter persegi di dalamnya,” Daud menambahkan.

Dalam pelaksanaannya, SIAL Interfood 2023 didukung penuh oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Berbagai asosiasi juga turut mendukung seperti Gabungan Produsen Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Association of Culinary Professionals (ACP), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Asosiasi Artisan Teh Indonesia (ARTI), Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Perkumpulan Petani dan Penggiat Kopi Indonesia ( Asosiasi Kopi Indonesia-ASKI), dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF).

BACA JUGA:   Gabung di Astindo Travel Fair 2022, Departemen Pariwisata Filipina Hadirkan Kegiatan Menarik 

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Sial Interfood 2023 dapat melakukan pembelian tiket sebesar Rp150.000. Dengan harga tersebut, pengunjung akan mendapatkan akses selama empat hari di semua kawasan pameran Sial Interfood 2023, termasuk arena kompetisi memasak.