Nikmati Staycation Sambil Melihat Pameran di  ARTOTEL Yogyakarta

Friday, 28 April 23 Bonita Ningsih

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan berbagai keunikannya mulai dari makanan, pakaian, hingga karya seni. Bahkan, kota ini diklaim memiliki jutaan seniman yang menghasilkan banyak karya dan terinspirasi dari Yogyakarta.

Karya-karya para seniman dapat dengan mudah ditemui oleh masyarakat sekitar, salah satunya di ARTOTEL Yogyakarta. Hotel yang resmi dibuka pada penghujung 2017 silam ini memang mengedepankan unsur seni dan kearifan lokal kota Yogyakarta di setiap interiornya. 

Hal ini dapat dilihat dengan berbagai anyaman di beberapa fasilitas hotel seperti kamar hingga ruang publik. Bahkan, pada façade bangunan hotel ini juga dibalut dengan anyaman sintetis di dalamnya.

Penggunaan anyaman dilakukan karena dinilai memiliki filosofi yang bagus yaitu tidak dapat dilakukan dengan satu material tunggal. Anyaman harus dibuat secara bersama-sama sehingga ARTOTEL Yogyakarta merancang konsep bangunannya dengan tema “Keselarasan dan Harmoni”.

BACA JUGA:   Deep & Extreme Indonesia Tingkatkan Minat Masyarakat terhadap Olahraga Selam

Selain itu, ARTOTEL Yogyakarta, juga menciptakan unsur artistik di setiap fasilitasnya dengan melakukan kolaborasi bersama enam seniman asal Yogyakarta. Proses pemilihan seniman dan penentuan karya seni yang dibuat, dikurasi oleh Heri Pemad seorang kurator dari Yogyakarta yang juga penggagas dan pendiri ARTJOG.

Karya dari enam seniman tersebut memberikan kesan folklore dalam setiap sudut ruang kamar dan seluruh area hotel. Karya yang dihasilkan menceritakan legenda Roro Jonggrang dan Aji Saka pencipta aksara jawa dan kebudayaan di tanah Jawa. Ada juga cerita rakyat ‘’Punakawan’’ yang dibuat dengan gaya komik dan ilustrasi serta legenda Gunung Tidar yang direpresentasikan sesuai gaya street art. Pada area restoran, terdapat karya yang menceritakan legenda Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan dan kemakmuran.

BACA JUGA:   Archipelago Luncurkan Favehotel Olo Padang

Tak hanya merancang bangunannya dengan karya seni, hotel ini juga secara khusus menyediakan fasilitas untuk para seniman lokal berkarya. Melalui ARTSPACE, para seniman dapat dengan mudah memamerkan karya seninya melalui beragam kegiatan di area lobi ARTOTEL Yogyakarta. 

Fasilitas ini dihadirkan untuk memberikan ruang yang lebih luas dan dinamis bagi para seniman lokal dalam memamerkan karyanya dan bertemu dengan penikmatnya. ARTSPACE juga berfungsi sebagai tempat meleburnya antara tamu dan seniman serta komunitas-komunitas yang ada di Yogyakarta.

Pelaksanaan pameran seni akan selalu diselenggarakan setiap dua bulan sekali dengan karya-karya yang berbeda dari para seniman. Selain memberikan kesempatan bagi para seniman dalam memamerkan karyanya, pameran rutin ini dilakukan untuk memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung hotel. Setiap pameran yang dihadirkan dapat dinikmati oleh pengunjung ARTOTEL Yogyakarta secara gratis. 

BACA JUGA:   PEVS 2024 Hadirkan 75 Merek Kendaraan Listrik dan Pendukungnya

Dengan adanya konsep tersebut, ARTOTEL Yogyakarta, dapat memberikan pengalaman menginap yang lebih seru dan menyenangkan bagi para tamunya. Karya seni lainnya juga dapat dinikmati para tamu di setiap dinding kamar dan hotel dengan warna-warna yang vibrant.