Agrofood Expo 2023 Targetkan 10.000 Pengunjung

Thursday, 10 August 23 Bonita Ningsih

Pameran produk unggulan hasil pertanian, makanan dan minuman olahan, serta teknologi, Agrofood Expo, kembali hadir untuk ke-21 kalinya. Hadir bersamaan dengan Food Drink Expo dan Ketahanan Pangan Indonesia Expo, pameran ini digelar pada tanggal 10-13 Agustus 2023 di Hall A JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Terdapat 100 peserta pameran dengan 60 booth yang memadati area seluas 2.700 meter persegi. Peserta berasal dari para pelaku usaha di sektor agribisnis, agro industri, BUMN, swasta, hingga pemerintahan daerah. Sejumlah asosiasi juga turut bergabung seperti Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia/Gapmii, Masyarakat Pertanian Organik Indonesia/Maporina, Himpunan Kerukunan Tani Indoensia/HKTI, Cofee Lover Indonesia dan Artisan Tea.

“Walaupun tidak terlalu besar, tetapi, pameran ini penuh dengan makna dan history. Untuk memeriahkan acara, kami juga membuat banyak kegiatan selama empat hari ke depan,” kata Presiden Direktur Wahyu Promo Citra, Sukur Sakka, saat upacara pembukaan Agrofood Expo pada 10 Agustus 2023 di Jakarta. 

BACA JUGA:   Tokopedia Fashion Market, Panggung Khusus Bagi Brand Fashion Lokal Indonesia

Salah satu kegiatan yang diunggulkan adalah Argo Talk dengan menghadirkan narasumber ahli dan praktisi di bidangnya. Beberapa di antaranya adalah Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah, perwakilan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Syarif Syaifulloh, Petani Urban Farming Philadelphia dan Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) 

“Seminar ini dapat meningkatkan wawasan dan mengetahui lebih dalam kebijakan dan program pemerintah terkait pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Semua itu tentunya untuk terwujudnya kedaulatan pangan Indonesia,” ucap Sukur lagi.

Pameran ini juga menghadirkan serangkaian kegiatan menarik lainnya yang memadukan edukasi serta hiburan. Beberapa di antaranya adalah Live Cooking dengan sejumlah chef dari Sirloin Restaurant hingga Natural Cooking Club. 

BACA JUGA:   Bigo Live Selenggarakan BIGO Indonesia Awards Gala 2023

Pakar kuliner nusantara William Wongso dari PT Lautan Mitra Kreasi & Velluto Gelato juga hadir untuk memberikan tips kreasi Gelato. Pengunjung juga dapat mengikuti tantangan Gelato atau yang disebut Gelato Challenge dengan hadiah menarik di dalamnya. 

Bagi pecinta kopi dan barista, juga dapat mengikuti workshop Latte Art dari Jakarta Coffee Learning. Di lokasi yang sama stage 1, juga berlangsung Artisan Tea Talkshow dan Artisan Tea got Talent!. 

Sedangkan, stage 2 akan diselenggarakan Manual Brewing Competition dari barista Indonesia. Bagi orang tua yang membawa anaknya juga dapat mengikuti Kids Fun Decoration di dalam pameran.

BACA JUGA:   IIMS 2023 Kembali Gunakan Seluruh Hall JIExpo Kemayoran

Dengan banyaknya kegiatan tersebut, Sukur, optimistis Agrofood Expo 2023 dapat mendatangkan pengunjung lebih dari 10.000 orang. Terkait target transaksi, ia berharap seluruh peserta pameran dan pelaku usaha bisa menemukan pasar baru yang tepat dan menjalin kerja sama berkelanjutan.

Masyarakat yang ingin berkunjung dapat langsung datang ke lokasi acara secara gratis atau tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya perlu registrasi kehadiran secara online menggunakan barcode yang telah disediakan di depan pintu masuk pameran. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram @agroFoodexpo_official dan @fooddrinkexpo.id.