ArtMoments Jadikan Bali Sebagai Destinasi Seni di Asia Tenggara

Tuesday, 27 June 23 Bonita Ningsih

ArtMoments Bali 2023 telah selesai diselenggarakan pada 23-25 Juni 2023 di InterContinental Bali Resort, Jimbaran. ArtMoments Bali merupakan satu-satunya hotel art fair di Indonesia dengan misi untuk menciptakan lingkungan yang suportif. 

Pameran seni ini bertujuan untuk mendukung galeri-galeri seni yang berfokus pada Indonesia dan memiliki jangkauan global. Melalui pameran ini diharapkan dapat mempresentasikan seniman, baik yang sudah terkenal maupun baru muncul.

ArtMoments Bali diselenggarakan untuk mendukung misinya dalam memfasilitasi relasi antara para pakar seni, kolektor, dan institusi. Acara ini juga mewujudkan sebuah program publik yang dirancang untuk memperkenalkan perspektif ini kepada audiens yang lebih luas.

“Acara ini bertujuan untuk mendukung perkembangan pasar seni di Indonesia dengan menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi seni di Asia Tenggara. Misi kami adalah menyediakan platform untuk menghubungkan pasar seni dengan pembeli potensial di Indonesia dan sekitarnya,” ungkap Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director ArtMoments.

BACA JUGA:   Swiss-Belinn Legian Hadirkan Akomodasi Nyaman di Kawasan Legian Bali

Series pertama ArtMoments Bali (AMB) mengusung tema “Infinite Boundaries” yang melibatkan lebih dari 100 seniman dari 15 galeri seni di Indonesia dan luar negeri serta 2 presentasi spesial. Di bawah arahan Art Director Rizki Zaelani, tema ini diambil untuk menyoroti sifat seni rupa kontemporer yang terus berkembang, mencerminkan perubahan kehidupan dan dinamika masyarakat zaman sekarang.

Seniman yang berpartisipasi dalam acara ini ditantang untuk menciptakan karya seni yang mencerminkan kompleksitas dan kejayaan kehidupan modern. Oleh sebabnya, para kolektor seni dapat menemukan karya-karya terbaik, menghubungkan mereka dengan galeri-galeri seni, serta menambah koleksi selama acara berlangsung. 

BACA JUGA:   Daftar Pameran Seni dan Budaya di Hong Kong Hingga Mei 2023

Melalui acara ini, Sendy berharap ArtMoments Bali 2023 membawa pengalaman baru yang belum pernah ada di Indonesia. Caranya adalah dengan mengundang galeri seni dan seniman untuk merespon konsep hotel room art fair di 14 kamar di InterContinental Bali Resort untuk menampilkan karya mereka. 

“Kami harap hal ini dapat memunculkan ide-ide bagi masyarakat untuk menampilkan seni di ruang keluarga atau ruang kerja mereka sehingga seni dapat menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan keseharian mereka,” ucap Sendy.

Christoph Pouls, Resort Manager InterContinental Bali Resort, mengaku terhormat karena hotelnya telah dipercayakan sebagai Official Venue Partner dalam acara ArtMoments Bali 2023. Sebagai tuan rumah pameran, pihaknya ingin memberikan kontribusi bagi industri seni yang tengah berkembang dan menyediakan platform bagi para seniman untuk mendapatkan pengakuan dan apresiasi. 

BACA JUGA:   Gunakan Seluruh Area JCC, INACRAFT 2023 Targetkan 170.000 Pengunjung

“InterContinental Bali Resort senantiasa mendukung perkembangan seni dan budaya di Bali. Kami juga terus berkomitmen untuk mengembangkan kreativitas dan merayakan kekayaan warisan budaya Indonesia melalui dukungan berkelanjutan yang kami berikan upaya artistik tersebut,” katanya.