ASTINDO Travel Fair 2023 Targetkan Rp80 Miliar Transaksi

Friday, 17 February 23 Bonita Ningsih
astindo fair

ASTINDO Travel Fair akan segera digelar untuk ke-13 kalinya pada tanggal 23-26 Februari 2023. Pameran perjalanan inisiasi dari Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) ini akan diselenggarakan serentak di beberapa daerah yaitu Tangerang, Surabaya, Medan, dan Bali.

Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2023, Anton Sumarli, mengatakan bahwa salah satu tempat penyelenggaraan pameran ini ada di Hall 2 ICE BSD Tangerang. Terdapat 78 booth disediakan pihak penyelenggara yang akan diisi oleh peserta dari agen perjalanan, maskapai penerbangan, hingga Badan Promosi Wisata (NTO).

Maskapai penerbangan yang akan berpartisipasi adalah All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Emirates Airlines, Etihad Airways, EVA Air. Lalu ada Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, NAM Air, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Scoot Airlines, Sriwijaya Air, dan Turkish Airlines.

“Sejumlah maskapai domestik dan internasional yang berpartisipasi dalam pameran ini akan memberikan diskon spesial untuk pengunjung yang membeli tiket selama pameran berlangsung,” kata Anton.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi: Busana Muslim harus Memiliki Ciri Khas Indonesia

Sementara itu, untuk NTO yang hadir dalam pameran ini berasal dari domestik dan juga mancanegara. Beberapa di antaranya adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), Dubai Department of Economy and Tourism, Hong Kong Tourism Board, Japan National Tourism Organization, Korea Tourism, Sarawak Tourism Board, Taiwan Tourism Bureau, Tourism Authority of Thailand dan Tourism Malaysia. 

“Mereka akan memberikan informasi terbaru terkait destinasi pariwisata yang menjadi unggulan di negaranya masing-masing,” Anton menambahkan.

Dalam pameran ini, Kemenparekraf RI, akan mengadakan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sejalan dengan nama kampanye yang tengah diusung. Melalui program ini, Kemenparekraf mendorong pengunjung ASTINDO Travel Fair 2023 untuk dapat berwisata di Indonesia saja.

Untuk membangkitkan semangat kampanye tersebut, Kemenparekraf, juga memberikan booth secara gratis kepada travel agent dari luar Jakarta yang ingin bergabung dalam acara ini. Nantinya, mereka akan memberikan informasi dan melakukan promosi paket-paket wisata domestik di ASTINDO Travel Fair 2023.

BACA JUGA:   Pameran Pro AVL Indonesia 2023 Hadirkan Peserta dari 10 negara

Penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair 2023 juga didukung oleh BCA sebagai Bank Partner dan BCA Insurance sebagai Insurance Partner. Masing-masing akan memberikan sejumlah penawaran menarik bagi para pengunjung yang hadir selama pameran berlangsung. 

BCA akan menyediakan kemudahan dalam cara pembayaran seperti cashback dan cicilan 0 persen hingga diskon khusus bagi nasabah BCA. Ada juga extra voucher untuk belanja di BCA Expoversary yang berlangsung pada saat yang sama di ICE BSD Tangerang. Sedangkan, BCA Insurance akan menawarkan asuransi perjalanan gratis selama berlangsungnya pameran.

Dengan banyaknya program dan diskon menarik yang ditawarkan, Anton, menargetkan dapat menghadirkan 18.000 orang selama empat hari pameran. Sedangkan, target transaksi penjualan yang diharapkan adalah Rp80 miliar (estimated sales volume).

“Kami targetkan demikian karena melihat situasi bisnis industri pariwisata yang pada saat ini belum kembali pada posisi pre-covid. Target nilai transaksi bisnis akan diperoleh dari penjualan tiket (ticket issued) rute internasional dan domestik serta paket-paket wisata,” ungkap Anton.

BACA JUGA:   DXI.id, Platform Ekosistem Petualangan Digital Pertama di Indonesia

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, juga berharap agar pameran ini dapat memberikan referensi terbaik bagi masyarakat Indonesia dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional. Pameran ini juga diharapkan dapat mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia karena Pauline menganggap negara ini memiliki potensi destinasi pariwisata dan wisatawan yang besar.

“Oleh karenanya, ASTINDO Travel Fair mendukung program pemerintah yang ingin mempromosikan paket wisata domestik Bangga Berwisata di Indonesia serta berbagai aktivitas di desa wisata,” ucap Pauline.