Daftar Pameran Seni dan Budaya di Hong Kong Hingga Mei 2023

Thursday, 30 March 23 Bonita Ningsih

Tahun 2023 menjadi waktu terbaik bagi Hong Kong untuk menyelenggarakan berbagai acara seni dan budaya berskala internasional. Sejumlah perayaan seni dan budaya sudah mulai digelar dan musim ini dimulai dengan pameran Art Basel Hong Kong dan Art Central.

Selain dua pameran tersebut, Hong Kong, telah merangkum berbagai acara seni dan budaya lainnya hingga akhir Mei 2023. Dengan adanya serangkaian acara tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat budaya dunia.

Acara seni dan budaya akan tersebar di berbagai wilayah Hong Kong yang nantinya dapat dinikmati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebut saja Harbour City yang nantinya akan menjadi tuan rumah bagi karya berskala besar ‘GIANTS: Rising Up’ yang merupakan karya pertama dari seri GIANTS oleh seniman Prancis, JR, di Asia.

BACA JUGA:   BEKRAF Game Prime 2017 Promosikan Industri Game di Indonesia

Instalasi berukuran 12m x 12m ini menggambarkan pelompat tinggi berukuran lebih besar dari aslinya yang sedang melayang dengan anggun. Instalasi ini memiliki latar belakang Victoria Harbour yang ikonik serta menampilkan sentuhan keahlian tradisional Hong Kong dengan penggunaan perancah bambu. Masyarakat dapat melihat instalasi tersebut melalui pameran yang diselenggarakan pada 13 Maret hingga 23 April 2023.

Lalu Pacific Place menjadi tuan rumah pameran perdana dunia ‘Gravity’ yang menghadirkan karya setinggi 10 meter oleh seniman konseptual asal Los Angeles, Awol Erizku. Karya ini merupakan penggambaran ceria dari sosok Raja Tutankhamun yang mengundang pengunjung untuk mengambil jalan memutar dari rute biasanya.

BACA JUGA:   ArtMoments Jadikan Bali Sebagai Destinasi Seni di Asia Tenggara

Pameran ini juga sebagai aktivasi offsite pertama kalinya untuk sektor Encounters di Art Basel Hong Kong. Bagi masyarakat yang ingin melihat karya ini dapat berkunjung ke pameran mulai tanggal 17 Maret hingga 2 April 2023.

Bulan ini, ArtisTree telah meluncurkan ArtisTree Selects: Urban Rocks, sebuah pameran tunggal yang menampilkan karya pahatan terbaru dari seniman Prancis berbasis di Hong Kong yaitu Polo Bourieau. 12 pahatan batu yang dibuat di bengkel Tuscan sang seniman pada tahun 2021 ini terinspirasi dari bebatuan cendekiawan Cina dan meneliti jejak tak terhapuskan manusia di planet ini. Pameran ini berlangsung mulai tanggal 16 Maret hingga 9 April 2023.

Selanjutnya ada Clouds, Power and Ornament – Roving Central Asia yang saat ini dipamerkan CHAT (Centre for Heritage, Arts and Textile) di The Mills. Pameran seni tekstil Asia Tengah komprehensif pertama di Greater China ini menampilkan karya 26 pencipta seni dan budaya dari wilayah yang terisolasi.

BACA JUGA:   Ada Food Market dan Pasar Keliling di Indonesia Dream Wedding Festival 2023

Seniman dan desainer yang memamerkan karyanya ini menggunakan tekstil sebagai media pelestarian, respons, dan kohesi. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail terkait pameran ini dapat berkunjung hingga tanggal 21 Mei 2023.