IFEX 2024 Berhasil Hadirkan 13.730 Buyers Internasional dari 117 Negara

Monday, 04 March 24 Bonita Ningsih

Untuk kesekian kalinya, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bersama Dyandra Promosindo sukses menggelar  Indonesia International Furniture Expo (IFEX). Pameran furnitur berskala internasional ini berhasil digelar sejak tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. 

Selama empat hari penyelenggaraan, IFEX, berhasil mendatangkan buyers internasional yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Tercatat, ada kenaikan dua kali lipat jumlah buyers internasional di tahun ini yaitu berjumlah 13.730 orang dari 117 negara dunia. 

Negara dengan buyers terbanyak berasal dari Eropa, Australia, China, dan Amerika Serikat. Terdapat buyers tambahan di tahun ini yang berasal dari negara emerging market seperti India, Bahrain, Oman, dan Uni Emirat Arab. 

BACA JUGA:   IIMS Infinite Live 2024 Umumkan Lineup Fase Pertama

Dengan meningkatnya jumlah tersebut, memberikan harapan positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi, sebagai pameran B2B, acara ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi industri furnitur Indonesia. 

Meningkatnya jumlah buyers internasional dalam IFEX 2024 sejalan dengan transaksi yang telah dicapai. IFEX 2024 berhasil membukukan transaksi on-the-spot sebesar US$300 juta. 

“Kami melihat transaksi yang terjadi selama pameran sebagai realisasi dari target pertumbuhan ekonomi positif yang kami sebut di awal. Di tengah kondisi ekonomi global seperti saat ini, hasil ini membuktikan industri furnitur kita mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” ujar Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobur.

BACA JUGA:   Festival KOPLO Indonesia akan Guncang Jakarta di Akhir Juli

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, mengatakan bahwa keberhasilan IFEX membawa hal positif bagi banyak industri seperti furnitur, perhotelan, layanan ekspedisi atau freight forwarding, transportasi, kuliner, wisata, dan lain-lain. Oleh sebabnya, ia memastikan akan meningkatkan layanan dan fasilitas pendukung untuk IFEX ke depannya. 

“Dyandra Promosindo terus mengukuhkan eksistensi IFEX dengan penuh optimisme. Melalui evaluasi internal dari setiap penyelenggaraan, kami berupaya menciptakan pengalaman luar biasa bagi seluruh stakeholder, sambil membawa semangat positif untuk mendorong pertumbuhan gemilang dalam industri furnitur,” kata Daswar.

BACA JUGA:   Pameran di New Normal Butuh Biaya Lebih Tinggi

Melalui eksistensi yang diberikan pihak penyelenggara, Sobur, optimistis pameran IFEX tahun depan akan lebih mendatangkan banyak peserta dan juga buyers. Tahun depan, IFEX akan kembali hadir pada tanggal 6 hingga 9 Maret 2025.