IFRA Business Expo 2023 Kumpulkan Transaksi Rp1,1 Triliun

Wednesday, 27 September 23 Bonita Ningsih

The 21st IFRA Business Expo 2023 telah resmi ditutup pada tanggal 25 September 2023. Pameran lisensi, franchise, dan peluang bisnis ini digelar dengan konsep hybrid mulai dari tanggal 25 Agustus 2023.

Pelaksanaan offline telah berhasil digelar pada 25-27 Agustus 2023 di Hall 5 Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City. Kemudian, acara dilanjutkan secara online selama satu bulan melalui website www.ifra-indonesia.com.

Selama penyelenggaraan, IFRA, sukses menarik perhatian banyak pengunjung mulai dari offline maupun online. Pasalnya, pameran ini telah menyatukan para pelaku usaha dan penggiat industri waralaba untuk membangun dunia bisnis berkualitas dan berdaya saing.

Kesuksesan IFRA ke-21 terlihat dari perolehan jumlah pengunjungnya yang menyentuh angka 57.208, gabungan offline dan online. Sedangkan, total transaksi yang berhasil dikumpulkan selama satu bulan penyelenggaraan yaitu melebihi Rp1,1 triliun. Capaian tersebut tidak lepas dari kolaborasi positif antara berbagai pihak dalam mendukung pameran.

BACA JUGA:   Memasuki 21 Tahun Penyelenggaraan, IFRA Hadir di Tempat Baru

Keberhasilan IFRA juga tak lepas dari kerja keras pihak penyelenggara yaitu Dyandra Promosindo bersama Asosiasi Franchise (AFI) dalam menghadirkan berbagai program unggulan. Beberapa di antaranya adalah The 7th IFBCC (IFRAPreneur Business Concept Competition), Business Classroom, dan Retirees Seminar yang diadakan secara khusus untuk para pensiunan dan calon pensiunan di Business Classroom Area

Ada juga Business Presentation dari para exhibitor, sponsors, business experts, dan pemerintah. Pada bagian Business Talkshow, dibawakan langsung oleh 5 komunitas terkait industri tersebut. 

BACA JUGA:   IndoBuildTech Surabaya 2017 Targetkan Transaksi Rp20 Miliar

Celebpreneur Talkshow dibawakan oleh Denny Sumargo dan Dwi Andhika yang membagikan kisah sebagai artis dalam mengelola bisnis waralaba. Lalu ada sesi awarding, Interactive Quiz, dan Lucky Draw. Kemudian, IFRA Business Podcast dan Business Mascot Competition yang diisi oleh mascot exhibitor IFRA.

“Sukses diselenggarakan selama 21 tahun di Tanah Air, IFRA Business Expo 2023 ingin memberikan award atau apresiasi bagi mereka yang sudah fokus untuk mengembangkan suatu usaha. Saya kira bukan semata untuk kepentingan diri sendiri saja tapi juga untuk kepentingan industri waralaba Indonesia,” jelas Anang Sukandar, Ketua Asosiasi Franchise Indonesia.

Mega Khoriani, Project Manager IFRA, mengatakan bahwa pameran ini sebagai bukti nyata komitmen perusahaan dalam mengembangkan industri waralaba di Indonesia. Pasalnya, acara ini berhasil menyatukan para pemangku kepentingan mulai dari dalam maupun luar negeri. 

BACA JUGA:   Dua Jenis Wisata Baru Bisa Ditemukan di Kompas Travel Fair 2019

“Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah, overseas partner, exhibitor, dan pengunjung yang antusias. Melalui expo ini, kami berharap dapat terus berkontribusi dalam memajukan industri franchise dan lisensi di tanah air,” ungkap Mega.