Indonesia Shopping Festival 2023 Tawarkan Diskon Hingga 78 Persen di 400 Mal Tanah Air

Wednesday, 09 August 23 Bonita Ningsih
Grand Mercure Jakarta Harmoni
Foto: Venuemagz/Erwin

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bekerja sama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menggelar Indonesia Shopping Festival (ISF) 2023. Acara yang diselenggarakan pada 10-20 Agustus 2023 ini merupakan bentuk perayaan memperingati HUT Republik Indonesia ke-78.

“Ini merupakan acara rutin dari asosiasi kami dan menjadi tahun kedua menggunakan nama ISF. Ada banyak event, perlombaan, hingga promo belanja selama 10 hari tersebut,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia, Alphonzus Widjaja.

Melalui ISF, masyarakat bisa mendapatkan diskon up to 78 persen serta menikmati midnight sale. Ada juga Culinary Fest khas Nusantara, bazar produk dalam negeri dan UMKM, hingga pertunjukan kesenian.

“Seluruh penawaran tersebut dapat dinikmati masyarakat di kurang lebih 400 mal seluruh Indonesia yang juga telah menjadi anggota kami,” dia menambahkan. 

Pada tahun ini, secara khusus ISF 2023 mendapatkan dukungan penuh dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) untuk menyukseskan acara. Ketua Umum DPP Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Hariyadi Sukamdani, mengatakan bahwa sudah saatnya setiap asosiasi berkolaborasi untuk mendorong tumbuhnya pariwisata di setiap daerah.

BACA JUGA:   World Superbike Mandalika Tawarkan Tiket Harian Mulai Dari Rp150 Ribu

“Biasanya kami kompetitif, tetapi, sekarang kami akur untuk maju bersama. Apalagi, kami melihat wisata belanja ini dari waktu ke waktu menunjukkan trend yang semakin membaik sehingga perlu kita dukung,” ujar Hariyadi.

Tak hanya GIPI, acara ini juga didukung oleh pemerintah yang diwakilkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Salah satu bentuk dukungan dari Kemenparekraf adalah memberikan wadah promosi dan publikasi melalui “The Weekly Brief With Sandi Uno”.

“Kami dukung acara ini karena ISF fokus mengembangkan serta mengeksplor kebudayaan dan makanan Indonesia. Dengan demikian, ISF, diharapkan dapat meningkatkan performa pariwisata, penjualan di bidang retail, serta mengedepankan UMKM dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

BACA JUGA:   Event Olahraga Harris Day Kembali Digelar, Targetkan 1.500 Partisipan

Dessy Ruhati, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, menambahkan, dukungan lain yang diberikan pihaknya untuk ISF 2023 adalah memfasilitasi proses perizinan event. Menurutnya, acara seperti ini perlu mendapatkan dukungan karena dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara melalui wisata belanja.

Sementara itu, Kemendag, memberikan dukungan berupa pembebasan pajak promosi di setiap daerah yang terlibat dalam acara ini. Septo Soepriyatno, Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan, mengatakan ini menjadi bentuk kolaborasi nyata antara pemerintah dan juga asosiasi terkait.

“Saat mendengar ada acara ini, kami langsung gerak cepat menyurati dinas di seluruh wilayah Indonesia agar membebaskan pajak promosi. Kami harap kolaborasi ini bisa terus berjalan agar semua mendapatkan cuan,” ucap Septo.

BACA JUGA:   Kemendag: SIAL Interfood 2023 Tingkatkan Nilai Ekspor Makanan dan Minuman Indonesia

Pembukaan ISF 2023 dilakukan serentak di beberapa kota besar Indonesia pada 10 Agustus 2023 pukul 14.00 WIB. Lokasi utama untuk acara pembukaan ISF 2023 dilakukan di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, Jawa Barat.

Pada waktu yang sama, Grand Indonesia yang terletak di DKI Jakarta juga akan menggelar acara pembukaan secara langsung. Kemudian disusul di DP Mall Semarang dan Sidewalk Jimbaran Bali.

Indonesia Shopping Festival 2023 ditargetkan dapat menghadirkan total 75 juta pengunjung dari 392 mal selama 10 hari. Dengan target penjualan naik 10 persen dari tahun sebelumnya yaitu mencapai Rp21,5 triliun.