Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022 Kembali Hadir di Jakarta 

Wednesday, 13 July 22 Bonita Ningsih

Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) yang merupakan bagian dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerja sama dengan RajaMICE kembali menyelenggarakan Indonesia Wellness and Health Tourism Expo (IWHTE) untuk kedua kalinya di Jakarta. 2nd IWHTE Jakarta akan digelar pada 14-17 Juli 2022 di Mosaic Walk Area, Mall Kota Kasablanka.

Indonesia Wellness & Health Tourism Expo merupakan pameran wisata kebugaran dan kesehatan terlengkap yang diselenggarakan di Indonesia. Pada penyelenggaraan kali ini, 2nd IWHTE Jakarta 2022 didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

2nd IWHTE Jakarta 2022 merupakan lanjutan dari acara sebelumnya yang telah sukses digelar di dua kota berbeda. Pada Maret 2022, IWHTE, telah sukses digelar di DKI Jakarta dan Solo pada bulan Mei 2022. Pameran ini menawarkan berbagai macam paket wisata kesehatan dan wellness dengan harga spesial mulai dari Rumah Sakit, Klinik, Resort Wellness & Spa, dan UMKM Kesehatan.

Pameran ini hadir sebagai bentuk pengaplikasian PERKEDWI terhadap konsep Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia yang dibagi ke dalam lima pilar. Lima pilar tersebut adalah Wisata Medis, Wisata Kebugaran, Estetika, Anti Penuaan dan Herbal Tersaintifikasi, Wisata Ilmiah Kedokteran, Wisata Olahraga yang mendukung Kesehatan, dan Dukungan Sektor Kesehatan di Destinasi Prioritas dan Super Prioritas. Konsep tersebut telah diadopsi oleh Kemenparekraf yang saat ini menetapkan sebagai program kegiatan prioritas pada tahun 2022.

BACA JUGA:   Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 Dijadikan Ajang Branding dan Promosi Bagi Ekosistem Wisata kesehatan

Dalam hal ini, Kemenparekraf bersama Kementerian Kesehatan juga telah membuat nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama untuk pengembangan wisata kesehatan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan perjanjian tersebut untuk mempercepat pengembangan wisata kesehatan pada tahun 2025 yang mana akan berfokus pada medical tourism dan wellness herbal tourism.

“Fokus masyarakat pada kesehatan dan kebugaran saat ini telah menjadi sebuah pilihan gaya hidup yang pengembangannya diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Oleh karena itu, pemerintah mengucapkan selamat dan sukses atas inisiatif penyelenggaraan kegiatan Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022,” jelas Sandiaga.

Ketua umum PP PERKEDWI Mukti E. Rahadian menjelaskan bahwa pameran ini akan dijadikan platform dari PERKEDWI untuk melakukan branding dan promosi bagi pelaku usaha yang memiliki layanan unggulan di dalam ekosistem health tourism. Selain itu, IWHTE juga memiliki tujuan untuk mendekatkan jenis layanan unggulan berupa wellness, herbal, dan jamu yang tersaintifikasi.

BACA JUGA:   Pameran dan Konferensi ARCH:ID Kembali Digelar Pada Juni 2022

“Dengan demikian masyarakat dapat mengenali jenis layanan unggulan apa yang dimiliki oleh rumah sakit, klinik, maupun fasilitas layanan kesehatan lainnya yang ada di Indonesia,” Mukti menambahkan. 

Ditambahkan Anies Rasyid Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta bahwa pameran ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pengembangan wisata kesehatan dan kebugaran di Indonesia. Apalagi dengan banyaknya program yang dihadirkan, akan memberikan banyak manfaat bagi seluruh masyarakat terhadap wisata kesehatan dan kebugaran Indonesia.

CEO RajaMICE, Panca Rudolf Sarungu, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan serangkaian program untuk menyukseskan 2nd IWHTE Jakarta 2022. Terdapat beberapa  talkshow dari masing-masing peserta pameran dengan tujuan untuk untuk memberikan wadah edukasi bagi masyarakat terkait wellness dan health

“Kami juga akan memastikan agar para peserta pameran mendapatkan benefit pada acara ini. Selain memberikan kesempatan untuk branding, kami juga akan menyiapkan paket khusus untuk layanan unggulan rumah sakit dengan sektor pariwisata. Dalam hal ini, kami bekerja sama dengan sebuah travel agent,” ucap Panca.

BACA JUGA:   Louvre Hotels Group – Indonesia Ikut Berpartisipasi Dalam BBTF 2022

Pada penyelenggaraan 2nd IWHTE Jakarta 2022 akan menghadirkan partisipan dari beberapa rumah sakit seperti RS Premier Group, RS Mata JEC, RS Dr. Cipto Mangunkusumo, RS Kanker Dharmais, RS Harapan Kita. Kemudian ada Morula IVF Indonesia, Klinik Prodia, Bio Farma & Kimia Farma.

Ada pula PT. Habibi Cahaya Wisata, PT. Happy Pariwisata Internasional, PT. Cahya Bhinneka Nusantara, Safina Tour, PT. Andiarta Wisata, Safa Tour, Sariater Resort & Spa, MesaStila Resort & Spa, Herbor.id, Al Mubarokah, Royal Health Food, BNI, Komunitas Zumba Cinere, Klub Jantung Sehat Indonesia, Ikatan Langkah Dansa Indonesia, serta Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke pameran wisata kebugaran dan kesehatan ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. 2nd IWHTE Jakarta 2022 dapat dikunjungi selama jam operasional mal berlangsung yaitu mulai pukul 10.00-21.00 WIB.