Jumlah Pengunjung IPA Convex 2023 Lampaui Target

Monday, 31 July 23 Bonita Ningsih

Penyelenggaraan Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention and Exhibition (Convex) ke-47 tahun telah berakhir. Pameran ini hadir pada tanggal 25 hingga 27 Juli 2023 di ICE BSD Serpong, Tangerang, Banten.

Acara yang diinisiasi IPA bekerja sama dengan Dyandra Promosindo ini telah berhasil menyelesaikan serangkaian acara seperti sesi panel diskusi yang melibatkan sejumlah narasumber. IPA Convex juga sukses mengadakan kegiatan  berupa 4 plenary session dan 4 focus discussion yang melibatkan 24 pembicara,  7 moderator, 2 presenter, 8 panelis, dan 5 responder. 

Sedangkan di Technical Program (TPC), IPA, telah berhasil melakukan 45 presentasi berupa poster, 42 presentasi oral, dan 8 Core Workshop. IPA Convex tahun ini juga menjadi saksi sejarah penandatanganan alih hak partisipasi atau Participating Interest (PI) blok Masela dari Shell kepada PT Pertamina (Persero) dan Petronas.

BACA JUGA:   Pameran “Van Gogh Alive” Hadirkan 3.000 Karya Seniman Asal Belanda

Krishna Ismaputra, Ketua Panitia IPA Convex 2023, mengatakan bahwa IPA Convex 2023 juga menghadirkan beberapa peristiwa penting seperti penyerahan dokumen White Paper dari IPA kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). White Paper ini dibuat dengan komprehensif karena melibatkan seluruh pelaku usaha hulu migas di Tanah Air serta disusun oleh Wood Mackenzie.

“Kami berharap White Paper akan mampu memberikan jawaban dan rekomendasi yang bisa ditindaklanjuti terhadap fokus yang disebutkan dalam tema IP Convex tahun ini yaitu menarik investasi dan transisi energi untuk ketahanan energi,” kata Greg Holman selaku Wakil Presiden IPA.

BACA JUGA:   INACRAFT ke-23 Hadirkan 1.118 Peserta UKM

Dengan banyaknya rangkaian acara tersebut, IPA Convex 2023 berhasil dihadiri oleh sekitar 21.422 pengunjung di dalamnya. Jumlah tersebut melampaui target awal pihak penyelenggara yang hanya menyebutkan 18.000 orang saja. 

Nanang Abdul Manaf, Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas), memberikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara karena telah berhasil menggelar kegiatan tahunan ini. Menurutnya, selama tiga hari pelaksanaan, IPA Convex 2023, mendapatkan antusiasme luar biasa dari semua pihak untuk memastikan industri migas tetap mampu memenuhi kebutuhan energi nasional.

“Saya mewakili pemerintah dan SKK Migas sangat mengapresiasi seluruh jajaran IPA Board dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Anda semua turut berjasa terhadap keberlangsungan industri hulu migas,” ucap Nanang.

BACA JUGA:   Membangun Konsep Toleransi di ARCH:ID Conference 2024

IPA Convex 2023 telah diikuti oleh 132 perusahaan sebagai peserta, 1274 delegasi mahasiswa, dan 2276 delegasi konvensi dari 22 negara.  Penyelenggaraan IPA Convex juga didukung sejumlah mitra dan sponsor antara lain: PT. Pertamina Hulu Energi, MedcoEnergi, Elsewedy Electric, COSL, bp Indonesia, Wood Mackenzie, PETRONAS Indonesia, Exxonmobil Indonesia, dan masih banyak lainnya.