MARKAS 2018, Ajang Kopdar sekaligus Festival Kekinian

Thursday, 12 April 18   27 Views   0 Comments   Harry Purnama
MARKAS 2018

KASKUS bekerja sama dengan Dyandra Promosindo kembali akan menyelenggarakan MARKAS (Market x Komunitas) 2018. Acara tersebut akan berlangsung pada 28-29 April 2018 di Bintaro Xchange. Didukung oleh Sakuku BCA sebagai sponsor utama, MARKAS mengusung konsep O2O (online to offline).

Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer KASKUS, mengatakan, ini adalah tahun ketiga MARKAS diadakan. MARKAS sendiri merupakan bentuk kopdar (kopi darat) komunitas dan forum-forum yang ada di Kaskus. “Karena kita kebanyakan berkomunikasi di Internet, maka kita mulai mendatangkan seluruh Kaskuser yang bergabung dalam forum dan komunitas untuk bertemu langsung secara nyata pada satu event sehingga pertemuan dari online ke offline dapat terealisasikan. Di tahun pertama sudah cukup berhasil. Tahun lalu di Bintaro Exchange juga sangat sukses dengan dikunjungi sekitar 32.000 pengunjung,” ujar Ronny.

MARKAS 2018 akan dibagi menjadi dua area utama, yaitu area Playground dan Otoground. Area Playground akan berisikan pertunjukan musik, bazar makanan, lifestyle, serta hiburan menarik seperti bull riding dan bungee trampoline. Sementara itu, di area Otoground yang didukung oleh komunitas otomotif KASKUS bersama Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) menghadirkan program community riding, Tamiya championship, pameran mobil unik, dan kontes scooter.

“Yang agak beda di sini ada Tamiya championship, sebab kita melihat bahwa Tamiya sedang booming lagi di kalangan millennial. Kita sebagai kaskuser selalu mencoba menjadi trend center,” ujar Ronny.

Tidak hanya itu, para influencer terkini Tanah Air juga akan meramaikan MARKAS Lounge, seperti Atta Halilintar, Fathia Izzati, Shirinz & Darienz, Sabrina Sameh, Lola Zeita, dan Jiewa Zieri. Adapun para pengunjung bisa menikmati pertunjukan musik dari musisi ternama, sepeti Jaz, Danilla, Fourtwnty, HiVi, RAN, Ari Lasso, Naif, dan PADI di MARKAS Mainstage.

Hal baru dan menarik yang dihadirkan MARKAS 2018 adalah MARKAS Treasure Hunt, yaitu program berhadiah berbasis QR Code, di mana pengunjung diajak untuk menjelajahi setiap area di MARKAS dan melakukan pemindaian QR Code yang terdapat di dalam aplikasi KASKUS untuk mendapatkan e-coupon. Pengunjung cukup mendaftar atau masuk ke aplikasi KASKUS untuk melihat QR Code unik yang mereka miliki. Pengunjung yang mengumpulkan e-coupon lebih banyak akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk memenangkan berbagai hadiah, seperti sepeda motor Yamaha N-MAX, drone DJ mavic, kamera Canon G7X, Apple Watch Series 3, dan Nintendo Switch.

Michael Bayu Sumarijanto, Direktur Dyandra Promosindo, menargetkan acara tahun ini akan dikunjungi sekitar 35.000 orang. “Antusiasme dan ekspektasi tinggi dari komunitas KASKUS menjadi tantangan bagi kami setiap tahunnya dalam mengemas MARKAS menjadi sebuah festival yang unik dan tidak terlupakan bagi para pengunjung. Karena itu, kami berusaha untuk mengeksplor hal-hal yang sekiranya disukai dan relevan dengan komunitas ataupun target pengunjung MARKAS. Kehadiran musisi ternama dari generasi 90-an hingga terkini, para influencer muda, dan ragam aktivitas di area Playground juga Otoground kami harapkan bisa memberikan pengalaman festival yang menyenangkan bagi para pengunjung,” ujar Bayu.