Pameran Clothing Brand Lokal KICKFEST XV Hadir di Bandung dan Malang

Friday, 21 July 23 Bonita Ningsih

Pameran clothing brands & apparels lokal pertama di Indonesia KICKFEST XV Bandung & Malang akan kembali digelar. Tahun ini merupakan kali ke 15 KICKFEST diselenggarakan setelah pada tahun 2007 KICKFEST lahir secara kolektif di Kota Bandung.

“Dibentuk oleh semangat kolektif di tahun 2007, KICKFEST lahir sebagai manifestasi dari industri kreatif dan fesyen kala itu. Menggabungkan brand-brand dengan musisi dan beragam aktivitas dari komunitas, menjadikan KICKFEST sebagai clothing festival pertama di Indonesia,” ujar Ade Andriansyah Ketua KICK (Kreative Independent Clothing Komuniti). 

Sesuai namanya, pameran ini akan digelar di dua kota berbeda dengan waktu yang berbeda. Pada 1-3 September 2023 acara ini akan digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang dan 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Lapangan PPI Pussenif, Kota Bandung. 

BACA JUGA:   ISEF 2023 Hadirkan 793 Peserta Pameran dari 20 Negara

Pada penyelenggaraan tahun ini, KICK kembali menggandeng Dyandra Promosindo untuk membawa tema besar Cross Culture. Tema ini dipilih karena melihat semangat awal terbentuknya KICKFEST di tahun 2007. Meskipun dengan banyaknya latar belakang budaya, pemikiran dan pendapat, namun tetap dapat menyamakan visi dengan membentuk sebuah movement dan berkembang menjadi event yang ditunggu setiap tahunnya. 

Tema tersebut diimplementasikan untuk menunjukkan bahwa dengan diversity yang ada didalamnya, KICKFEST XV tetap menjadi sebuah wadah bagi perkembangan pelaku industri clothing. Kickfest tidak hanya menjadi sebuah event, namun sebuah budaya untuk penggerak industri clothing & apparel, serta music & lifestyle enthusiast.

Memiliki misi untuk lebih menonjolkan industri-industri di dalamnya, KICKFEST XV, akan terbagi ke dalam beberapa area. Beberapa di antaranya adalah Bloomsville yang diisi brand-brand yang emerging, Friends and Family yang mengundang beberapa teman-teman komunitas, kolektif, toko yang mendukung KICKFEST selama ini. 

BACA JUGA:   Banjir Program di SIAL Interfood 2023

Kemudian ada The Alley yang menghadirkan beragam aktivitas seperti workshops, talkshow dan launching produk dari brand peserta KICKFEST XV serta area The Hall yang diisi oleh brand-brand yang telah lama established. Semua keberagaman itu hadir dalam satu event di satu waktu.

“Telah lebih dari ribuan brand dan ratusan musisi singgah serta tumbuh dalam waktu 15 tahun ini dan selama itu juga KICKFEST secara konsisten turut menjadi ruang dan wadah bagi banyak pelaku industri kreatif untuk turut serta memajukan roda ekonomi bangsa,” ucapnya. 

Berbicara Kickfest, secara roots adalah tentang brands. Oleh sebabnya pada penyelenggaraan KICKFEST XV akan menghadirkan lebih dari 100 brands di dua kota. 

BACA JUGA:   Pameran Seni SEKUEL Karya Dua Seniman Hadir di ARTOTEL Yogyakarta 

“Perayaan atas keberagaman itu juga diimplementasikan pada proses kurasi brand peserta, dimana KICKFEST XV tidak hanya akan diikuti brand-brand yang sudah existing, namun juga brand-brand baru yang potensial dan berkembang”, kata Tofani Lazuardi, General Manager Dyandra Promosindo.

Selain pameran, KICKFEST XV, juga akan menghadirkan berbagai musisi yang terdiri dari CAL, Hal, Perunggu, Limbo, Sindy Amany dan White Chorus dengan genre musik berbeda-beda. Terdapat juga musisi nasional lainnya seperti Stars & Rabbit, Billfold, Jono Joni, Coldiac dan For Revenge.