Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Event GPDRR 2022 Untuk Pulihkan Ekonomi Nasional

Wednesday, 27 April 22 Bonita Ningsih

Indonesia telah dipercayakan untuk menggelar sejumlah event internasional bergengsi di tahun 2022. Salah satu di antaranya adalah Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, pada 23-28 Mei 2022.

GPDRR merupakan sebuah konferensi multi-pemangku kepentingan yang dilaksanakan oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kehadiran GPDRR menjadi momentum berharga bagi pemerintah Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya dalam mendorong mitra global dalam memperkuat kolaborasi agar pulih bersama dari krisis, khususnya dalam konteks perubahan iklim hingga penanganan pandemi Covid-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah GPDRR 2022 untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia kian tangguh dan kuat dalam menghadapi bencana. Kemenparekraf juga terus berusaha memulihkan sektor parekraf pascapandemi yang menjadi prioritas utama dengan berlandaskan pilar inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

BACA JUGA:   Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show 2020 Didukung Tiga Kementerian

“Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang menerapkan pengendalian pandemi best practice di dunia,” Sandiaga menambahkan.

Sandiaga menjelaskan penyebab dan skala bencana di setiap negara selalu berbeda-beda sehingga bisa direspons dengan melihat tren atau cara baru yang dapat diadopsi. Dengan demikian, cara-cara tersebut dapat dijadikan pedoman dalam menyusun rencana penanganan risiko bencana untuk dunia yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

BACA JUGA:   Pesona Indonesia Synergy Run 2018 Ikut Promosikan 10 Destinasi Bali Baru

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, berpesan agar forum internasional ini dapat menunjukkan peran dan praktik Indonesia dalam mengurangi risiko bencana. Selain itu, dapat menjadi momentum dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kepada para delegasi GPDRR 2022 yang diproyeksi dihadiri lebih dari 5.000 partisipan dari 193 negara.

Lebih dari itu, Sandiaga juga berharap agar event ini menjadi momen yang tepat dalam menciptakan peluang usaha, lapangan kerja yang lebih luas, membangkitkan kembali ekonomi tidak hanya secara nasional tapi juga global. Sandiaga juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dalam menyukseskan pelaksanaan GPDRR 2022 nanti.

BACA JUGA:   Viro Berpartisipasi pada The Leisure Show 2019 di Dubai

“Penyelenggaraan GPDRR 2022 akan menjadi role model dalam penyelenggaraan event internasional di tengah pandemi Covid-19. Bagaimana aktivitas masyarakat dapat berjalan beriringan dengan situasi pandemi. Bagaimana kolaborasi antar kementerian/lembaga dapat mendorong pemulihan ekonomi secara nasional bahkan global,” ucap Sandiaga lagi.