Pameran EV Indonesia Hadirkan Komponen Kendaraan Listrik

Wednesday, 05 October 22 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, GEM Indonesia, menyelenggarakan pameran Electric Vehicle (EV) Indonesia pada 5-7 Oktober 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran suku cadang otomotif ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan para produsen dan perakitan kendaraan listrik tanah air.

“Setelah sempat ditunda penyelenggaraannya karena pandemi COVID-19, akhirnya, kami dapat menghadirkan pameran dengan konsep baru namun skala yang belum terlalu besar yaitu EV Indonesia,” kata Baki Lee, President Director of GEM Indonesia.

EV Indonesia 2022 terselenggara karena adanya perkembangan yang pesat pada pasar untuk kendaraan tenaga listrik. Berdasarkan data yang ada, diperkirakan permintaan kendaraan listrik (EV) dunia akan terus meningkat dan mencapai sekitar 55 juta unit EV hingga tahun 2040. 

Dengan tingginya permintaan tersebut, mendorong Indonesia untuk mulai memproduksi kendaraan listrik secara mandiri. Hal ini dipermudah dengan adanya nikel, salah satu bahan utama pembuatan kendaraan listrik, yang sudah dimiliki Indonesia. Bahkan, nikel telah menjadi hasil tambang yang besar di Indonesia jika dibandingkan negara lain.

BACA JUGA:   ASTINDO Hybrid Travel Fair Hadirkan Lahan Khusus Untuk Paket Desa Wisata

Kehadiran pameran yang berkonsep B2B ini juga untuk mendukung kebijakan pemerintah terhadap penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Dengan harapan, Indonesia mampu mengurangi emisi karbon dan mencapai target Net Zero Emission pada 2060.

Oleh sebabnya, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, memberikan dukungan dan apresiasi terhadap penyelenggaraan EV Indonesia 2022. Pasalnya, pameran ini dapat mendorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara.

“Kami prediksi permintaan kendaraan listrik di daerah perkotaan ini akan mengalami peningkatan. Dengan demikian, sektor lainnya seperti pertambahan dan logistik juga semakin meningkat. Tak hanya itu, penggunaan kendaraan listrik juga dapat meminimalisir emisi karbon,” ungkap Danto pada kesempatan yang sama.

BACA JUGA:   Foto: Indonesia Dental Exhibition & Conference 2017

Pameran EV Indonesia 2022 menghadirkan lebih dari 60 perusahaan kendaraan listrik (EV), peralatan SPKLU (Charging Station), komponen dan teknologi untuk mendukung para produsen dan perakitan kendaraan listrik. Pameran ini diselenggarakan bersamaan dengan Busworld Southeast Asia 2022 yang mengedepankan bis listrik.

Selain komponen kendaraan listrik, GEM Indonesia juga menghadirkan pameran internasional lainnya secara bersamaan, yaitu Transport & Logistics Indonesia 2022 (Smart Logistics), Forklift Indonesia 2022, dan ConMine 2022 (Mining Technology).

Transport & Logistics Indonesia 2022 menghadirkan konsep smart logistics system seperti sistem manajemen armada, ERP dan teknologi pendukung lainnya. Dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur di Indonesia diharapkan biaya logistik Indonesia bisa lebih murah dan bisa bersaing di Asia Tenggara. 

BACA JUGA:   Program-Program Menarik di IT&CM China dan CTW China 2024

“Pameran ini juga menampilkan Forklift yang juga merupakan kendaraan listrik komersial berbasis baterai,” dia menambahkan.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke pameran EV Indonesia 2022 tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Pameran dibuka pada pukul 10.00-18.00 WIB dengan menghadirkan serangkaian kegiatan di dalamnya.