Pelaksanaan IIMS Mundur Lagi ke April 2021

Tuesday, 09 February 21 Bonita Ningsih

Dyandra Promosindo kembali menyesuaikan jadwal penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang awalnya akan digelar pada 18-28 Maret 2021, digeser menjadi April 2021. Keputusan ini dilakukan atas dasar Instruksi Menteri Dalam Negeri  Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di sejumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Berdasarkan Instruksi Mendagri tersebut, terdapat beberapa skenario pengendalian COVID-19 yang akan dilakukan pemerintah, khususnya untuk wilayah yang masuk zona merah. Aturan ini mengharuskan adanya penutupan tempat bermain anak, tempat umum, hingga meniadakan kegiatan sosial masyarakat yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan. Dalam hal ini, hanya sektor esensial yang diizinkan untuk tetap beroperasi selama masa PPKM.

BACA JUGA:   Table Top Industri Pernikahan Pertama di Indonesia

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, mengatakan bahwa penyesuaian jadwal ini merupakan kesepakatan antara pihaknya dengan venue acara, yakni Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Sebelumnya, Dyandra dan JIExpo telah membuat tiga jadwal alternatif untuk pelaksanaan IIMS, yakni pada bulan Februari, Maret, dan April 2021.

“Untuk mewujudkan IIMS 2021, kami sudah membuat banyak jadwal cadangan demi mengikuti anjuran pemerintah dan mengutamakan keselamatan calon pengunjung serta peserta pameran,” ungkap Hendra.

Ralph Scheunemann, Direktur Pemasaran JIExpo, mengatakan, dari segi venue sudah siap menyambut IIMS 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi, saat ini JIExpo telah mengantongi izin penyelenggaraan pameran dari pemerintah daerah melalui Surat Keputusan Nomor 526 Tahun 2020 Terkait Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di masa PSBB Transisi Bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

BACA JUGA:   ASTINDO Travel Fair 2020 Tambah Satu Kota Penyelenggara

“Kalau kami dari venue sudah siap dengan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Tetapi, keputusan akhir tetap dari pemerintah dan kepolisian yang mengeluarkan surat izin keramaian,” ucap Ralph.

Meskipun belum ada titik terang terhadap pelaksanaan IIMS 2021, Dyandra Promosindo akan memulainya dengan IIMS Virtual. Acara yang akan digelar pada 18-28 Februari 2021 dilakukan sebagai bentuk komitmen pihak penyelenggara terhadap industri otomotif Tanah Air.

BACA JUGA:   Tour de Singkarak 2017 Siap Digelar

“Inovasi masih tetap diperlukan dalam kondisi seperti ini agar industri otomotif tetap eksis dan bertumbuh. Persiapan dari Agen Pemegang Merek (APM), sponsor, aftermarket hingga komunitas sudah mendekati titik puncak untuk pagelaran IIMS Virtual,” kata Rudi MF, Project Manager IIMS 2021.