Rayakan HUT Kota Yogyakarta Ke-265 Dengan Serangkaian Acara Hybrid

Monday, 11 October 21 Bonita Ningsih

Kota Yogyakarta baru saja merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-265 tahun pada tanggal 7 Oktober 2021. Untuk merayakan hari jadinya, Pemerintah Kota Yogyakarta menggelar Pekan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) dengan serangkaian acara secara hybrid (online dan offline). 

Pekan Peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-265 tahun telah diselenggarakan sejak tanggal 1-7 Oktober 2021. Semua kegiatan dalam Pekan Peringatan HUT ke-265 Kota Jogja dapat disaksikan melalui media sosial Channel YouTube Pemkot Jogja, Dinas Pariwisata dan juga Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Pekan Perayaan HUT ke-265 ini digelar secara hybrid mengingat masih berada di situasi pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, sebagian besar besar kegiatan dilakukan secara daring untuk menghindari potensi terjadinya keramaian atau kerumunan.

BACA JUGA:   Indocomtech 2015 Mengurangi Konsep Penjualan Retail

“Menggelar acara di tengah pandemi ini tentunya harus dengan pembatasan. Selain membatasi kerumunan, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menaati protokol kesehatan yang disiplin,” ungkap Haryadi.

Rangkaian kegiatan yang telah dilakukan di antaranya adalah Pembukaan Pekan Peringatan HUT ke-265 Kota Jogja pada tanggal 1 Oktober 2021. Disusul pada 3 Oktober berupa kegiatan Dekorasi Foto Kearsipan ”Jogja Tempo Doeloe dan Masa Kini” serta Festival Permainan Rakyat seluruh Kemantren (Kecamatan) di Kota Jogja, pada 5 Oktober. 

Selanjutnya, Pekan Peringatan HUT Kota Jogja ditutup dengan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang dilaksanakan secara hybrid. Menurut Haryadi, WJNC merupakan seni budaya yang digelar sebagai bentuk perayaan hari puncak HUT Kota Yogyakarta yang sudah digelar selama enam kali berturut-turut.

BACA JUGA:   Pekan Raya Indonesia Hadirkan Kuliner Legendaris

“Acara Wayang Jogja Night Carnival juga sudah menjadi Calender of Events nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami harap dengan bimbingan dari pemerintah pusat, acara ini dapat tetap berjalan hingga ketujuh kali hingga seterusnya dengan berada di koridor utama,” jelasnya lagi.

Pagelaran Wayang Jogja Night Carnival juga diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang datang luring ke lokasi acara. Dalam sambutannya, Sandiaga, mengaku bangga dan turut mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan Pemkot Yogyakarta untuk merayakan HUT ke-265 tahun.

BACA JUGA:   Seminar Lingkungan Hidup Dunia Diadakan Di Atmajaya

“Ini bisa menjadi momentum pengembangan wisata budaya dan produk kreatif karena menyelenggarakan kegiatan event dengan protokol kesehatan yang ketat. Dengan implementasi protokol kesehatan berbasis CHSE, acara ini dapat dinikmati secara aman dan nyaman,” kata Sandiaga.