Vakum Tiga Tahun, Canon PhotoMarathon Jakarta Kembali Digelar Secara Offline

Thursday, 20 July 23 Bonita Ningsih

Setelah vakum tiga tahun karena pandemi, Canon PhotoMarathon Jakarta, kembali hadir pada tanggal 2 September 2023 di Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta. Acara ini terselenggara atas inisiasi dari PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

“Walaupun ada lomba online, tetapi, kurang seru kalau tidak ketemu langsung. Makanya kita hadirkan acara ini secara offline untuk kumpul bareng dan menjalin networking serta kerja sama,” kata Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Acara ini menghadirkan sebuah kegiatan serta kompetisi fotografi tematik yang terinspirasi dari Canon PhotoMarathon Indonesia dan sudah terselenggara sejak tahun 2009. Terdapat dua kategori yang diperlombakan dalam acara ini yaitu Umum dan Pelajar dengan hadiah total ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:   Gelar ICIS Tahun Depan, Dublin Raup 2 Juta Euro

“Tidak sekadar tempat menguji kemampuan fotografi dan memperebutkan hadiah, acara ini juga menjadi wadah silaturahmi para fotografer dan pecinta fotografi Indonesia,” ungkapnya.

Angelie Ivone, Senior Manager Marketing Support PT Datascrip, menjelaskan ada beberapa mekanisme yang harus diketahui para peserta saat mengikuti kompetisi ini. Para peserta dibebaskan menggunakan perangkat kamera dari berbagai merek saat mengikuti perlombaan ini.

“Ini yang menarik, peserta boleh menggunakan kamera merek apapun, bukan hanya Canon saja. Jenis kamera yang diperbolehkan untuk mengikuti lomba ini adalah kamera saku digital, DSLR, ataupun mirrorless,” jelas Angelie.

BACA JUGA:   Jalan Panjang Menjadikan MICE sebagai Tulang Punggung Pariwisata

Saat hari pelaksanaan, peserta ditantang untuk mengambil gambar di sekitar lokasi acara dengan tema yang ditentukan secara dadakan. Setelahnya, peserta diberikan waktu hunting sekitar 1-2 jam untuk mendapatkan gambar terbaiknya. 

Usai melakukan hunting, peserta mengumpulkan foto terbaiknya yang kemudian akan diseleksi oleh dewan juri. Dalam hal ini, Datascrip, menghadirkan enam juri yang berasal dari fotografer profesional dari beragam genre. Juri tersebut adalah Aldo Sinarta, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, Michael Sidharta, Misbachul Munir, Rendha Rais, dan Willy Kurniawan.

Sembari menunggu pengumuman pemenang, peserta berkesempatan mengikuti sesi ProTalk bersama fotografer profesional Arbain Rambey. Tak ketinggalan akan ada berbagai permainan menarik untuk memeriahkan acara ini.

BACA JUGA:   Bigo Live for Good Galang Dana untuk Yayasan Kanker Indonesia

“Acara ini akan kami buka mulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 18.00 WIB. Total ada 1.000 peserta yang akan kami targetkan untuk acara Canon PhotoMarathon Jakarta,” ucapnya lagi.

Bagi peserta yang ingin mengikuti acara ini dapat melakukan pembelian tiket sebesar Rp250.000 untuk umum dan Rp200.000 kategori pelajar. Pembelian tiket dan informasi lebih lanjut terkait Canon PhotoMarathon Jakarta 2023 dapat mengunjungi https://datascripmall.id/cpmjakarta.