PT Hotel Indonesia Natour Raup Keuntungan Rp21 Miliar di 2018

Friday, 08 February 19   14 Views   0 Comments   Harry Purnama
Hotel Indonesia Natour

Setelah berhasil keluar dari daftar BUMN yang mengalami kerugian pada 2017, serta sejalan dengan program transformasi yang dilakukan secara intensif, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) pada tahun 2018 berhasil meningkatkan keuntungan secara signifikan, dari Rp9 juta pada 2017 menjadi Rp21 miliar pada 2018.

Peningkatan keuntungan signifikan tersebut berhasil diraih berkat berbagai langkah, program, dan kegiatan yang dilaksanakan di seluruh aspek kegiatan perusahaan, mulai dari penataan dan pengembangan berbagai sarana dan fasilitas hotel, peningkatan aspek pelayanan, pengembangan budaya perusahaan, pengembangan sistem human capital, serta peningkatan dan pengembangan program pemasaran perusahaan.

Salah satu fokus pengembangan program pemasaran yang dilaksanakan adalah penerapan strategi marketing 4.0 yang diawali dengan pengelolaan customer engagement secara online dan memanfaatkan review dari pelanggan sebagai bahan perbaikan dan peningkatan pelayanan.

Melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan tersebut, pada tahun 2018 PT HIN berhasil meningkatkan hunian kamar sebesar 6,02 persen menjadi 69 persen, dan jumlah kamar yang terjual juga mengalami peningkatan sebesar 9,97 persen. Penjualan secara online juga mengalami peningkatan sebesar 40,36 persen.

Sesuai berbagai peningkatan yang berhasil dicapai, pendapatan perusahaan juga mengalami peningkatan, dari Rp20,778 miliar pada 2017 menjadi Rp41,752 miliar pada 2018, atau naik sebesar 101 persen.

Selain berbagai peningkatan kinerja yang signifikan, pada 2018 PT HIN juga mendapat kepercayaan untuk menangani dan mendukung berbagai event internasional, antara lain pengelolaan layanan jasa pada eventInviting Asian Games”, Inaya Putri Bali menjadi salah satu official hotel untuk Pertemuan Tahunan IMF-World Bank, serta general assembly event konferensi internasional (UN ICW) di hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta.

Selain itu, PT HIN juga menerima berbagai penghargaan pada 2018, antara lain “The Best CEO BUMN Strategic Networking”, “Digital Branding Terbaik Sektor Financial & Hospitality”, “Enhancing Competitiveness Through Technology Sektor Financial & Hospitality”, serta penghargaan dari Indonesia Travel & Tourism Awards.