Putri Duyung Resort Ancol Tutup Sementara

Thursday, 19 March 20 Bonita Ningsih
Putri Duyung Resort Ancol tutup sementara

Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menutup sementara tempat rekreasi di Taman Impian Jaya Ancol ternyata juga diikuti oleh seluruh hotel di bawah naungan PT Pembangunan Jaya Ancol. Putri Duyung Resort Ancol menjadi salah satu tempat yang akan menutup lokasinya untuk sementara waktu.

Penutupan sementara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia dan dunia. Apalagi, hingga saat ini sudah ada lebih dari 200 kasus yang ditimbulkan dari virus COVID-19 di Indonesia.

Hayati Nufus, General Manager Putri Duyung Ancol, mengatakan, keputusan penutupan sementara ini dilakukan atas beberapa pertimbangan dari Direksi dan Manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol. Kesepakatan yang diambil ialah Putri Duyung Resort Ancol akan ditutup sementara pada 19 Maret hingga 29 Maret 2020.

Pertimbangan yang paling utama diberlakukannya kebijakan ini ialah mengikuti instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menutup sementara beberapa tempat yang menimbulkan keramaian. Oleh karenanya, selama 11 hari ke depan, Putri Duyung Resort Ancol tidak melayani tamu yang datang.

“Awalnya memang hanya area rekreasi saja yang ditutup, tetapi melihat situasi dan kondisi yang terjadi sekarang akhirnya tim direksi dan manajemen memutuskan untuk menutup sementara Putri Duyung,” kata Inu, begitu sapaan akrabnya.

Pertimbangan lainnya ialah sebagai bentuk pencegahan dalam penyebaran virus COVID-19. Masyarakat diminta untuk tidak bepergian ke luar rumah dan ke tempat keramaian untuk menghindari penyebaran yang lebih luas.

“Sistem yang kita pakai itu tidak sepenuhnya kerja di rumah, karena ada beberapa karyawan yang standby di resor,” ujarnya lagi.

Karyawan yang tetap bekerja di resor bertugas untuk menjaga keamanan dan kebersihan area Putri Duyung Resort Ancol. Tim kebersihan yang hadir membagi tugasnya masing-masing untuk membersihkan area outdoor dan indoor Putri Duyung Resort Ancol.

“Bukan berarti tidak ada tamu, jadinya kita tidak melakukan apa-apa. Mereka yang datang tugasnya ya menjaga kebersihan di area resor. Tim housekeeping juga ada yang standby di sana,” dia menjelaskan.

Pembersihan seluruh area di sana sudah dilakukan Putri Duyung Resort Ancol sejak isu virus COVID-19 mulai berkembang. Beberapa tim mulai menyemprotkan cairan desinfektan untuk membunuh bakteri dan virus yang hinggap di area resor.

“Kita sudah rutin melakukan penyemprotan di area outdoor dan indoor. Setiap hari sudah kita lakukan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, untuk karyawan yang tidak bekerja secara langsung di lapangan, diminta untuk tetap bekerja dari rumah. Inu meminta semua karyawannya agar tidak bepergian ke luar kecuali memiliki keperluan yang mendesak.

Kendati masih ada karyawan yang harus bekerja di lapangan, Inu meyakini bahwa kesejahteraan karyawannya akan ditanggung oleh perusahaan sepenuhnya. Mereka akan tetap mendapatkan benefit, seperti makan siang di kantor dan dibekali dengan asupan vitamin.