Sukses Kampanye #BisaAja, RedDoorz Semakin Dikenal

Friday, 24 January 20 Herry Drajat
RedDoorz

Jakpat, lembaga riset pemasaran yang berbasis di Jakarta, belum lama ini mengadakan penelitian mengenai preferensi hotel oleh milenial tahun 2019. Hasil penelitian tersebut senada dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa tingkat hunian hotel bintang 3+ dari Januari hingga November 2019 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Salah satu penyebab penurunan tersebut adalah karena semakin banyak wisatawan yang menggunakan virtual hotel operators (VHO) saat mencari tempat menginap karena terdapat lebih banyaknya pilihan serta relatif lebih murah dibandingkan dengan hotel konvensional.

“Penyebab utamanya adalah semakin banyak wisatawan, khususnya kaum milenial, yang mencari hotel melalui virtual hotel operators (VHO) dewasa ini. RedDoorz merupakan merek yang berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia, terutama kaum milenial, di dalam persaingan industri travel yang kompetitif,” ungkap Aska Primardi, Head of Research Jakpat.

Berdasarkan hasil riset, pada Desember 2019, RedDoorz diingat oleh 14 persen masyarakat saat mencari hotel melalui virtual hotel operators (VHO). Angka tersebut merupakan posisi top of mind atau tertinggi dibanding merek lain yang beroperasi di Indonesia. Brand awareness dari RedDoorz meningkat secara konsisten sepanjang tahun dan mencapai puncak daftar top-of-mind awareness tertinggi pada November 2019.

Prestasi tersebut diraih melalui peluncuran kampanye #BisaAja, yakni sebuah kampanye yang bertujuan untuk membantu meringankan dan menghilangkan pengalaman kurang menyenangkan yang dialami wisatawan Indonesia. Sebuah cara untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka akan mendapatkan pengalaman bepergian yang nyaman dan tanpa rasa khawatir bersama dengan RedDoorz dan mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan selama perjalanan, baik perjalanan bisnis, keluarga, atau sekadar liburan.

Sandy Maulana, Country Marketing Director RedDoorz Indonesia, mengatakan, “Kami senang sekali mengetahui bahwa kampanye #BisaAja memberikan dampak yang besar. Tidak hanya sisi merek saja yang mendapatkan hasilnya, namun hal tersebut juga memengaruhi bisnis kami dengan peningkatan jumlah pemesanan, baik dari pengguna baru maupun pengguna setia kami sepanjang kuartal keempat.”

Penilaian yang dilakukan oleh Jakpat juga sesuai dengan riset yang dilakukan oleh YouGov, perusahaan riset dan analisis data pasar internasional terkemuka, yang menobatkan peluncuran kampanye #BisaAja yang dilakukan RedDoorz sebagai “Ad of the Month” pada November 2019 lalu. YouGov mencermati terjadi peningkatan signifikan merek RedDoorz dalam brand awareness dan buzz di BrandIndex, yang masing-masing melonjak +14,4 poin dan +7,8 poin.