Era Digital, Empat Keahlian Ini Penting Dimiliki

Monday, 16 August 21 Venue
Virtual Show Management

Kemajuan teknologi membuat dunia digital semakin berkembang pesat. Tak hanya di kehidupan sehari-hari, hampir semua pekerjaan memiliki elemen digital.

“Oleh sebab itu, para pekerja wajib memiliki digital skills,” kata Dr. Achmad Rizal, Dosen dan Peneliti Telkom University, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (13/8/2021).

Menurutnya, hampir semua bidang profesi mulai dari komunikasi, bisnis, dan lain sebagainya membutuhkan tenaga kerja yang memiliki digital skills. “Karenanya ini jadi sangatlah penting,” ujar Achmad.

Dia mengatakan, terdapat empat digital skills yang penting untuk  dimiliki di era digital seperti sekarang ini. “Melalui keempat skill (keahlian), kamu tidak hanya lebih siap menghadapi era yang serba digital. Termasuk kebutuhan dunia kerja yang saat ini begitu erat kaitan dengan teknologi dan dunia maya,” tuturnya. Keempat digital skill tersebut, yaitu:

  • Komunikasi Secara Profesional.
BACA JUGA:   Risiko Bullying di Ranah Digital

Kemampuan yang paling penting untuk dimiliki di era digital adalah berkomunikasi secara profesional melalui media sosial. Sebab, media sosial banyak digunakan bukan hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Tetapi media sosial pun kini digunakan untuk hampir semua profesi. Salah satunya dalam bidang pemasaran.

  • Memahami Cara Pengoperasian Gawai.

Generasi milenial umumnya sudah mahir dalam menggunakan gawai. Namun, tak hanya sekedar tahu cara penggunaan gawai saja, namun harus mampu menguasai secara penuh pengoperasian komputer, laptop atau peralatan digital lainnya. Misalnya, mengerti cara mengedit foto atau video, menggunakan Microsoft Office, atau membuat website dan domain.

  • Memiliki Skill SEO.

Digital skills yang enggak kalah penting untuk dimiliki adalah SEO alias Search Engine Optimization. Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebagai SEO Specialist. Skill atau keahlian SEO banyak dibutuhkan oleh perusahaan sebab kemampuan yang satu ini akan membantu bisnis atau pekerjaan menjadi nomor satu di mesin pencarian Google. Sehingga, banyak orang yang akan membuka dan melihat konten yang telah dibuat.

  • Marketing Secara Online.
BACA JUGA:   Miliki Kemampuan Ini Untuk Meningkatkan Karier

Kemampuan marketing dan promosi kini juga banyak dicari perusahaan. Sebab, sudah bukan zamannya lagi untuk melakukan promosi dengan menggunakan poster dan cara tradisional lainnya. Promosi secara online melalui media sosial adalah salah satu cara yang sedang booming. Jadi selain kemampuan mengoperasikan gawai, miliki juga kreativitas untuk membuat konten-konten marketing menarik. Misalnya dengan menggunakan video, atau yang lainnya.

BACA JUGA:   Mengatasi Ketidaknyamanan Akibat Ketergantungan Pada Internet

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).