Kelebihan Pemasaran Melalui Media Online

Wednesday, 18 August 21 Venue

Pemasaran secara online mulai mendapatkan pamornya di lima tahun terakhir ini. Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, memberi imbas yang begitu positif pada kustomisasi perusahaan yang berkecimpung dalam ladang bisnis.

“Jika dibandingkan dengan teknik yang konvensional, pemasaran online memang memiliki banyak keunggulan yang membantu dalam menggenjot roda perekonomian bisnis,” ujar Moh. Rizki Firdaus, Direktur Utama CV. Kreasi Anak Nusantara, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (16/8/2021).

Rizki mengatakan, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki pemasaran melalui media online, di antaranya:

  • Akses tanpa batas.

Kelebihan yang pertama ini datang dari karakteristik platform online, yaitu menghapus sekat geografis. Anda bisa melakukan pemasaran produk ke belahan dunia manapun, tanpa harus repot memesan pesawat dan menginjakkan kaki ke sana. Jika dunia bisa Anda kelilingi, apalagi daerah-daerah lokal yang ada di Indonesia. Inilah yang kemudian menjadikan teknik pemasaran via online sampai sekarang masih memegang hati para pengusaha. Sebab Anda bisa menjangkau target pasar di manapun, tanpa harus pusing memikirkan aksesnya.

  • Biaya yang ramah.
BACA JUGA:   Ragam Jejak Digital yang Merugikan

Umpamakan saja Anda harus menjaring konsumen dalam jumlah besar. Jika menggunakan mode konvensional, penjaringan ini tentu membutuhkan biaya akomodasi, transportasi, dan pastinya gaji pegawai. Coba saja kalkulasikan jika kegiatan ini dilakukan secara berkala, pasti membutuhkan biaya yang besar. Namun jika tak dibiayai, maka risikonya adalah perusahaan akan kesulitan mengembangkan bisnis. Biaya operasional bisa ditekan jika menggunakan metode pemasaran online.

  • Terhubung tanpa batas waktu.

Sebelum pemasaran online dikembangkan, menjaga hubungan dengan konsumen memakan waktu dan tenaga. Namun ketika media online sudah bisa dimaksimalkan, memberikan kesempatan bagi perusahaan memaksimalkan pelayanan kepada konsumen. Yang paling terasa adalah keterhubungan selama 24 jam penuh. Konsumen tetap bisa mendapatkan pelayanan dan respon dari perusahaan tanpa ada jeda waktu. Tentu saja ini mampu mendongkrak loyalitas dan kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan.

  • Operasional dalam waktu singkat.
BACA JUGA:   Keterampilan Digital, Modal Utama Wujudkan Cita-Cita Negara

Kelebihan teknik pemasaran online lainnya adalah bisa membuat kegiatan operasional selesai dalam waktu singkat. Keterhubungan dengan internet memungkinkan untuk menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan gesit. Jaringan internet terhubung dalam kisaran detik, memberikan keuntungan untuk melakukan promosi, penjualan, dan pelayanan dalam rentang yang cepat.

  • Iklan digital.

Menentukan konten periklanan bukanlah hal gampang. Sama sukarnya dengan menentukan target iklan yang tepat. Namun dengan hadirnya metode pemasaran online, Anda bisa bersantai sembari merencanakan kedua hal tadi. Iklan digital memang terkenal dengan ketepatan sasaran dan segmentasi pasarnya, karena itu sangat memudahkan membidik calon konsumen. dan pastinya meminimalisir periklanan yang sia-sia, karena salah sasaran.

BACA JUGA:   Tips Stimulasi Berpikir Kritis Anak Generasi Abad 21

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).