Membangun Toko Online Melalui Marketplace

Wednesday, 29 September 21 Venue
Big Bad Wolf

Saat ini kebutuhan mempromosikan produk secara online sudah menjadi keharusan bagi setiap pengusaha. Hal itu dikarenakan saat ini hampir semua bisa dilakukan secara online.

“Banyak pelanggan yang juga lebih memilih berbelanja online karena beberapa alasan. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menghindari kenyataan ini. Anda harus terjun ke dunia bisnis online,” kata Guntur Rahmatullah, Relawan TIK Kabupaten Jember & Jurnalis Daerah, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (28/9/2021).

Salah satu cara yang paling efektif menurut Guntur adalah dengan membuat toko online di marketplace ternama dan terpercaya. Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan juga OLX adalah beberapa nama marketplace yang terkenal dengan strategi COD-nya.

“Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda membangun toko online bersama marketplace ternama dan terpercaya seperti di atas,” ujar Guntur.

Untuk bisa meningkatkan penjualan dan penghasilan toko online di marketplace, menurut Guntur terdapat beberapa strategi penjualan laris melalui marketplace, di antaranya:

  • Pilihlah marketplace lokal ternama dan terpercaya

Seperti yang disinggung diatas, memilih marketplace ternama dan terpercaya seperti Lazada, OLX, Tokopedia, dan Bukalapak merupakan keharusan untuk berjualan laris di marketplace. Hal ini dikarenakan beberapa marketplace tersebut sudah dipercaya oleh para pelanggan. Selain itu, mereka juga sudah mengiklankan diri di berbagai media termasuk TV sehingga toko online Anda akan lebih mudah ditemukan oleh banyak pelanggan. Pelanggan juga akan merasa aman berbelanja di marketplace tersebut.

  • Buatlah toko online di banyak marketplace

Tidak cukup hanya memilih marketplace yang ternama dan terpercaya, perlu juga membuat toko online di setiap marketplace tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaring konsumen lebih banyak lagi. Jika satu marketplace bisa memberikan keuntungan 10 persen maka katakan saja empat marketplace bisa memberikan keuntungan 40 persen. Oleh sebab itu, diperlukan tenaga atau staf yang ahli untuk selalu memonitor toko online di beberapa marketplace.

  • Jual dengan harga promo

Menjual dengan harga miring dan promo tentu berbeda. Jika menjual dengan harga miring tanpa embel-embel promo, bahkan harga yang jauh dari pasaran, walau barang yang dijual asli dan bertujuan untuk mendapatkan banyak pelanggan, konsumen tidak akan datang atau datang tapi sedikit. Hal ini dikarenakan konsumen ragu dengan kualitas barang yang dijual lebih murah jauh di bawah toko yang lain. Oleh sebab itu buatlah promo menarik hati pelanggan tanpa memberikan efek ragu kepada mereka. Selain itu, ingat ada banyak toko online di marketplace tersebut menjual produk yang sama dengan toko online Anda. Artinya, persaingan toko online dalam satu marketplace juga sangat ketat. Maka, membuat penawaran menarik dengan memberlakukan promo akan menarik banyak konsumen karena harga yang lebih murah.

  • Tanggapi konsumen dengan ramah

Selain kualitas produk, pelayanan juga sangat penting. Tanggapi pertanyaan dan keluhan mereka dengan ramah. Pelayanan yang ramah akan membuat pelanggan tersebut atau pelanggan lain merasa aman dan nyaman walau ada juga komentar yang tidak enak dibaca. Namun, Anda harus tetap bersikap professional. Dari sikap professional Anda, tentu konsumen lain juga akan merasa lebih aman dan nyaman berbelanja di toko online milik Anda.

  • Perkenalkan website Anda pada konsumen

Perkenalkan website toko Anda pada setiap konsumen. Berikan harga promo dan bila perlu bonus jika mereka berbelanja langsung melalui website Anda. Tujuannya adalah mengarahkan konsumen dari marketplace ke website toko online Anda. Dengan begitu, traffic website Anda juga akan meningkat. Tapi, jika Anda tidak punya website toko online, hal ini tidak perlu dilakukan.

  • Tambahkan gambar dan testimoni

Menjual produk dengan memperlihatkan gambar adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemilik toko online. Selain itu, menampilkan menampilkan beberapa testimoni dari beberapa konsumen juga penting. Hal ini bertujuan untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka percaya dengan produk serta pelayanan toko online Anda.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).