Seolah Jadi Kebutuhan Primer, Begini Ragam Manfaat Internet

Wednesday, 01 December 21 Venue

Internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Menurut Agung Gita Subakti, Lecturer Specialist S2 Universitas Bina Nusantara, mulai dari hal yang paling kecil hingga yang cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet.

“Manfaat internet sangatlah banyak bahkan sebagian besar orang belum benar-benar memahaminya, terutama manfaat yang sifatnya sangat privat,” kata dia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Menurut dia, sebagian besar orang mungkin sangat mengetahui tentang beberapa manfaat internet di kehidupan mereka, terutama sebagai alat komunikasi yang lebih praktis. “Serta dalam banyak hal digunakan sebagai media hiburan,” kata dia. Namun, kata Agung, ada beberapa manfaat internet di bidang-bidang lain, yaitu:

  • Sumber Beragam Wawasan Ilmu dan Pengetahuan

Berbeda dengan masa lalu, hanya sebagian orang yang memiliki akses cukup baik yang dapat memperoleh ilmu sekaligus wawasan luas. Karena sumber wawasan sekaligus ilmu pengetahuan cukup terbatas, tidak cukup diperoleh dari sekolah lokal saja. Namun, kini fungsi internet hadir untuk mempermudah semua orang mencari wawasan seluas-luasnya. Hal tersebut juga menjadi salah satu manfaat internet bagi pelajar yang mengalami kesulitan di beberapa mata pelajaran atau mata kuliah. Dengan bantuan internet, semua pelajar bisa mengakses dengan mudah literasi penting mulai dari jurnal, essay ilmiah, surat kabar hingga buku online semua bisa diakses lewat perangkat mobile.

  • Mempermudah Proses Pelaksanaan Sistem Akademik
BACA JUGA:   Aneka Sisi Positif Media Sosial

Internet tidak hanya merambah di bidang hiburan atau komunikasi saja, tetapi juga dimanfaatkan di bidang pendidikan. Manfaat internet di berbagai lembaga pendidikan, khususnya sekolah di era kini yang tidak tertinggal mempermudah pengaturan sistem administrasi. Kini sistem akademik bisa diurus dari mana saja tanpa harus pergi ke sekolah. Proses mudah mengurus data dan dokumen akademik di seluruh lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu manfaat internet pendidikan. Bahkan kini tidak hanya sistem akademik, segala sistem kependidikan juga bisa diakses lewat internet. Mulai dari pendaftaran sekolah, perekrutan pegawai, hingga sistem pada berbagai tingkat ujian.

  • Menghemat Biaya dan Waktu

Salah satu manfaat jaringan internet yang paling dikenal secara umum adalah tingkat praktisnya saat digunakan untuk berkomunikasi dan mengurus berbagai hal. Dengan menggunakan internet, Anda bisa menghemat waktu sekaligus biaya sangat banyak. Internet bisa mengirimkan beragam data dan dokumen elektronik dalam hitungan detik saja.

  • Menjaga Keamanan Warga Negara
BACA JUGA:   Agar Tak Mudah Dibobol, Begini Bikin Password yang Aman

Selain untuk perorangan, manfaat internet juga bekerja dalam suatu komunitas yang sangat luas yakni dalam cakupan wilayah negara. Masyarakat dapat menggunakan beragam fasilitas internet di bawah beberapa aturan yang berada di bawah naungan pemerintah. Meski tetap berada di bawah naungan pemerintah, Anda masih memiliki privasi. Internet di bidang pemerintahan dapat dimanfaatkan untuk menjaga keamanan dan perlindungan kepada warga, contohnya melalui pemantauan CCTV.

  • Sangat Efektif Mensukseskan Bisnis atau Usaha

Internet memiliki suatu manfaat penting atau yang biasa disebut sebagai internet of things. Maksud dari pernyataan tersebut adalah konsep baru yang berguna memperluas fungsi sekaligus manfaat dari jaringan internet yang terkoneksi dalam waktu lama. Ini mengacu pada segala aspek yang dapat dikembangkan unik melalui data di media virtual. Fokus utama dari manfaat internet of things mencakup hampir seluruh aspek kehidupan yang sifatnya nyata.

  • Memperluas Ruang Pertemanan

Manfaat internet secara umum sangatlah banyak, termasuk sebagai media yang dapat menambah atau memperluas jaringan dan ruang pertemanan. Terutama dengan makin berkembangnya media sosial. Anda bisa mengenal seseorang dari beragam belahan dunia yang jaraknya bahkan ribuan kilometer jauhnya dari tempat tinggal atau negara asal Anda.

  • Media Hiburan Semua Kalangan
BACA JUGA:   Storytelling, Alternatif Cara Mengemas Wisata Budaya

Salah satu manfaat internet yang paling dicari dan diminati oleh semua orang dari berbagai kalangan adalah sebagai media hiburan. Internet menyediakan beragam kategori hiburan untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Bebasnya hiburan melalui internet ini membuat para penggunanya dianjurkan untuk bijak dalam aksesnya. Cara mengakses internet pun sekarang juga mudah, Anda bisa memanfaatkan ponsel sebagai media komunikasi dan mencari hiburan melalui internet.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).