Canon Luncurkan Kamera Mirrorless Full Frame dan Lensa RF

Tuesday, 18 September 18 Herry Drajat

PT Datascrip, distributor Canon di Indonesia, meluncurkan produk barunya, yaitu kamera mirrorless full-frame EOS R dan lensa RF. Kamera mirrorless full frame 35 mm adalah yang pertama dari Canon, dan dibekali sensor CMOS 30,3 megapiksel dan prosesor gambar DIGIC 8 yang menghadirkan gambar beresolusi tinggi, tajam, dan detail untuk kebutuhan foto berukuran besar. Kamera ini mempunyai ISO yang lebar 100-400.000, yang memudahkan pengambilan gambar bahkan pada kondisi minim cahaya, serta memiliki kecepatan fokus 0,05 detik.

“Sistem EOS R menghadirkan kesempurnaan optik untuk menghasilkan gambar dengan kualitas istimewa. Terobosan terbaru dalam sistem EOS R memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengguna dalam berkreativitas yang semakin menyempurnakan fotografi dan videografi ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip.

Canon EOS R dilengkapi dengan digital lens optimizer yang dilengkapi berbagai koreksi penyempurnaan seperti diffraction, aberration, dan peripheral illumination sehingga foto berformat JPEG akan didapat langsung dari kamera tanpa bantuan perangkat komputer. Teknologi dual pixel RAW juga disematkan yang berguna untuk mengolah foto berformat RAW lebih detail dan presisi. Kamera ini juga merupakan yang pertama memiliki fitur FV, yang dapat mengatur rana, aperture, dan ISO secara fleksibel baik otomatis maupun manual.

Jendela bidik atau viewfinder (EVF) elektronik OLED dengan resolusi tinggi 3,69 juta piksel pada kamera ini mendekati warna aslinya sehingga memudahkan para pengguna untuk mengatur komposisi. Fungsi Touch & Drag AF memudahkan untuk memindahkan area fokus melalui sentuhan dan gerakan jari di layer LCD meskipun saat sedang membidik melalui EVF.

Canon mengembangkan sistem EOS dengan melengkapi mount berdiameter 54 mm dan juga menghadirkan empat seri lensa RF yang cocok untuk dipasangkan, yaitu RF 50mm nf/1.2L USM; RF 24-105mm f/4L IS USM; RF 28-70mm f/2L USM dan RF 35mm f/1.8 IS STM dengan dukungan 3 jenis adaptor untuk fleksibilitas penggunaan lensa EF.

Harga yang ditawarkan untuk Canon EOS R, body only adalah sebesar Rp39.999.000 dan Rp59.999.000 untuk paket Canon EOS R dengan lensa RF24-105mm f/4L IS USM.