Grup Kecil Pun Bisa Mendapat Insentif dari STB

Friday, 27 September 19 Bonita Ningsih
Singapore Tourism Board

Singapore Tourism Board (STB) kembali menawarkan program spesial untuk para pelaku industri Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE). Kali ini, STB meluncurkan program insentif In Singapore Incentives & Reward (INSPIRE) secara global untuk menarik pengunjung potensial dari industri MICE.

Program global INSPIRE dirancang khusus untuk melayani grup MICE dengan skala kecil dan menengah di berbagai belahan dunia. Dalam pelaksanaannya, STB bekerja sama dengan 29 pebisnis lokal Singapura dan menawarkan 63 pengalaman gaya hidup menarik yang dapat dirasakan selama di Singapura.

Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director STB Indonesia, mengatakan, program ini dirancang karena melihat kinerja yang baik dari sektor Business Travel-Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (BTMICE) yang datang ke Singapura. Menurut data, pada 2018 ada lebih dari 2,9 juta pengunjung BTMICE yang datang ke Singapura. Selain itu, di tahun 2018, penerimaan sektor pariwisata Singapura naik sebesar 7,2 persen atau mencapai S$4.68 juta.

“Saat ini, kita sudah mendukung 31 grup insentif di berbagai industri, misalnya saja otomotif, ekonomi, dan lainnya. Untuk program ini, sasarannya memang grup insentif yang hanya terdiri dari 50 hingga 250 orang saja,” ujar Firhan.

Firhan mengatakan, ada empat kategori besar yang ditawarkan dalam program ini, yakni tempat makan, hiburan dan kehidupan malam, wisata atau tur tematik dan pengalaman belajar, serta pengalaman berbasis atraksi dan kegiatan khusus membangun tim. Nantinya, 29 vendor akan memberikan pilihan paket yang menarik sebagai pelengkap rencana perjalanan grup insentif MICE.

“Semuanya disesuaikan dengan gambaran profil pengunjung MICE yang ada. Tapi, yang pasti kita akan memberikan pengalaman yang unik dan luar biasa sehingga di luar ekspektasi mereka,” ujar Firhan.

Beberapa contoh pengalaman menarik yang ditawarkan ialah dengan meracik minuman sendiri menggunakan rempah-rempah dan bumbu khas Singapura. Pengalaman ini dapat dilakukan tepat di jantung situs UNESCO World Heritage, Singapore Botanic Gardens. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati taman bunga terkenal di Singapura, yakni Gardens by the Bay. Di sana, pengunjung dapat menikmati pertunjukan Garden Rhapsody yang dapat dinikmati setelah jam kerja, lengkap dengan pemandangan kota Singapura di malam hari.

Untuk mendapatkan program INSPIRE, STB memberikan beberapa ketentuan dan syarat di dalamnya. Menurutnya, program ini hanya dapat diikuti oleh perusahaan yang melakukan kegiatan meeting atau insentif dari Indonesia ke Singapura dengan jumlah peserta 50-250 orang. Selain itu, mereka harus menginap minimal dua malam di Singapura dan memiliki 2 kegiatan Singapore Experience. Periode program INSPIRE juga terbatas, yakni dimulai dari 10 September hingga 31 Desember 2021.

Perihal biaya yang harus dikeluarkan, Firhan mengatakan hal tersebut tergantung dari pengalaman gaya hidup apa yang akan dipilih pengunjung. Menurutnya, harga yang ditawarkan masih terjangkau karena pengalaman yang didapat akan lebih bernilai tinggi ketimbang dengan harga yang dikeluarkan.

“Industri MICE itu ‘kan sangat kompetitif, jadi harga yang ditawarkan pun harus kompetitif. Kurang lebih, per orang itu harus mengeluarkan biaya minimal 20 dolar, tergantung dari experience apa yang dipilih,” tambahnya.