IVENDO Menggalang Dana untuk Korban Bencana di Palu dan Donggala

Friday, 12 October 18   13 Views   0 Comments   Herry Drajat

Adanya musibah gempa bumi dan tsunami yang menimpa saudara kita di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018 menjadi keprihatinan seluruh anggota IVENDO (Indonesia Event Industry Council). Kepedulian mereka dituangkan dalam kegiatan penggalangan dana, dan puncaknya dikemas dalam acara bertajuk #IVENDO Berbagi, yang dilaksanakan pada 9 Oktober 2018 di Restoran Cerita Rasa, Jakarta Selatan.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum IVENDO, mengatakan, “Kita bayangkan kondisi saudara-saudara kita di Palu dan Donggala yang tertimpa bencana, lalu kami berinisiatif untuk berbuat sesuatu untuk mereka. Kami ‘kan orang-orang yang berkecimpung di dunia event, untuk datang ke sana tidak mungkin. Akhirnya, diputuskan untuk membuat event penggalangan dana yang nantinya akan diserahkan pada masyarakat Palu dan Donggala. Kebetulan semua teman-teman mendukung, baik dari EO maupun vendor-vendor.”

Acara yang digagas seminggu sebelumnya itu dihadiri oleh hampir 200 orang, baik anggota IVENDO maupun tamu undangan lainnya. Semua perlengkapan untuk acara, mulai dari lighting, sound system, man power, dan pengisi acara adalah sumbangan dari anggota IVENDO.

“Semua ini sumbangan, man power dan peralatan disiapkan dalam waktu satu minggu. Selama satu minggu ini kami meeting tiga kali. Meeting pertama kami cari venue dan bikin konsep, lalu kita sebarkan lewat WA untuk mendapatkan talent, lalu hubungi beberapa manajemen artis, baik anggota IVENDO maupun yang belum bergabung. Total ada 48 artis yang bersedia. Untuk venue berlangsungnya acara, kami mendapatkan harga terbaik, dan sebagian dari pembayaran sewa venue oleh pemilik dikembalikan lagi sebagai sumbangan,” ujar Mulkan.

Jumlah sumbangan yang terkumpul sampai dengan 9 Oktober 2018 sebanyak Rp115 juta. Sumbangan berasal dari anggota IVENDO, relasi para anggota, serta dari masyarakat yang mengetahui adanya penggalangan dana dari sebagian anggota dan melalui medsos. Jumlah uang sumbangan masih akan bertambah karena selama berlangsungnya acara juga masih dibuka donasi dari para undangan yang hadir.

Sumbangan yang terkumpul nantinya akan didistribusikan pada masyarakat Palu dan Donggala yang sangat membutuhkan bantuan melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap), yaitu sebuah organisasi profesional nirlaba yang fokus pada kegiatan kemanusiaan pada penanggulangan bencana, mulai fase darurat hingga pemulihan pasca-bencana.