Jelajah Wisata Kaliwatu Rafting Bersama Epson Media Gathering

Sunday, 03 March 24 Bonita Ningsih

Epson Indonesia kembali menggelar Media Gathering pada tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2024 di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Media Gathering Epson Indonesia FY23 ini diikuti oleh 49 awak media dari skala lokal maupun nasional.

Acara tahunan ini digelar sebagai bentuk apresiasi Epson Indonesia kepada seluruh awak media yang telah membantu publikasi berita-berita baik terkait Epson. Mengusung tema “Karya Wisata Epson FY23, Tiba-Tiba Sekolah”, Epson mengajak seluruh awak media untuk bernostalgia saat sekolah dengan berbagai aktivitas di dalamnya.

“Selain bentuk apresiasi kami, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi Epson Indonesia dengan rekan-rekan media. Teman-teman yang telah membantu Epson dalam sebuah pemberitaan hingga saat ini,” kata Nolly Dhanurendra selaku Head of Brand & Communication PT Epson Indonesia saat di Malang, beberapa waktu lalu.

Untuk memeriahkan gathering ini, Epson Indonesia telah menyiapkan sejumlah kegiatan selama tiga hari lamanya. Hari pertama dimulai dengan kegiatan Gala Dinner yang kemudian disusul rafting di Kaliwatu hingga “Classmeet Activity” di hari kedua. Setiap harinya, Epson juga mengajak awak media untuk merasakan berbagai makanan khas Malang di berbagai tempat. 

BACA JUGA:   Ini Langkah Kulon Progo Menggenjot Sektor Pariwisata

Classmeet Activity mengajak peserta gathering untuk mengasah kreativitasnya dalam membuat sebuah desain yang colorfull. Desain tersebut diaplikasikan dalam beberapa wadah seperti frame foto, gelas, hingga kaos. 

Keseruan Media Gathering kali ini semakin meningkat dengan adanya kegiatan rafting atau arum jeram di Kaliwatu, Kota Batu, Malang. Rafting merupakan aktivitas wisata mengarungi aliran sungai dengan perahu karet. Setiap perahu karet diisi oleh tiga hingga empat orang dengan tambahan satu pemandu profesional di dalamnya.

“Sebenarnya tergantung debit air, kalau lagi sedikit biasanya satu perahu karet hanya bisa untuk tiga orang dengan satu pemandu. Tetapi, kalau lagi tinggi bisa untuk empat orang dan satu pemandu,” kata salah satu pemandu rafting kaliwatu.

BACA JUGA:   Epson Indonesia Gelar CSR Sebagai Wujud Pencapaian SDGs 2030

Sebelum menjelajahi wisata kaliwatu rafting, peserta gathering diajak untuk melakukan pemanasan sejenak dengan gerakan olahraga. Selanjutnya, masing-masing peserta diminta untuk menggunakan pelampung dan helm sebagai alat pengaman saat rafting.

Usai mengenakan alat pengaman, para peserta diajak ke lokasi rafting menggunakan mobil khusus dengan jarak kurang lebih 10 menit. Setelah itu, para peserta harus melewati jalanan menurun untuk mencapai titik start dari rafting kaliwatu.

Di wisata kaliwatu rafting, setiap orang diajak menyusuri sungai sepanjang 7 hingga 9 kilometer dengan durasi 45 hingga 60 menit. Kaliwatu rafting menggunakan Sungai Brantas bagian hulu sehingga banyak bebatuan dengan arus sungai yang cukup tenang.

“Hari ini arusnya lumayan agak deras, biasanya cukup tenang. Mungkin penyebabnya karena beberapa hari ini sering turun hujan,” ucap si pemandu. 

Kendati demikian, wisata kaliwatu rafting memberikan kesan mendalam bagi seluruh peserta Epson Media Gathering FY23. Seperti yang dirasakan Gema Palindra, meskipun baru pertama kali mencoba rafting, ia mengaku senang saat mengikuti aktivitas tersebut.

BACA JUGA:   Epson Indonesia Targetkan Bisnis Naik 10 Persen di 2024

“Ternyata asyik sekali ya apalagi dengan kondisi arus tidak begitu deras jadinya aman. Tetapi, ke depannya saya ingin merasakan rafting dengan kondisi arus yang lebih deras lagi agar lebih menantang,” ungkap Gema. 

Bagi masyarakat yang ingin menjelajahi wisata kaliwatu rafting, dapat langsung berkunjung ke Jalan Raya Bungtomo Gang Kaliwatu IA, Bumiaji, Kota Batu, Malang dengan jam operasional mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Harga yang ditawarkan untuk satu kali perjalanan kaliwatu rafting adalah Rp195.000 per orang.