KTO Luncurkan Kampanye Global Menggunakan Metaverse

Monday, 06 December 21 Bonita Ningsih

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan dan Korea Tourism Organization (KTO) meluncurkan kampanye baru bernama ‘Come Play with Korea, K-VIBE Festa’. Kampanye ini dihadirkan melalui platform metaverse pada extended reality (XR) untuk memberikan pengalaman traveling baru ke Korea sebelum berkunjung secara langsung. 

Dengan kampanye baru ini, KTO menggunakan metaverse untuk memperkenalkan fitur dan pesona unik dari setiap wilayah kepada pengguna di seluruh dunia. KTO juga akan memperkenalkan berbagai atraksi Korea melalui kampanye terbarunya ini.

Atraksi yang akan diperkenalkan dikemas melalui  K-Travelog, sebuah platform pengalaman perjalanan virtual Korea. Selain itu, akan tersedia program K-VIBE in ZEPETO yang menghubungkan avatar 3D dengan tujuan wisata perwakilan Korea, yaitu Gyeongju. 

Melalui K-Travelog, KTO memberikan kesempatan untuk merasakan Korea secara tidak langsung dengan rencana perjalanan yang dipersonalisasi. Berbagai atraksi dan restoran yang berada di seluruh penjuru kota Korea akan ditampilkan melalui situs resmi kvibefesta.com yang diluncurkan pada 16 November 2021. Para pengguna dapat merencanakan perjalanan impian ke Korea seperti ke Busan, Andong, Gyeongju, Daegu, Yangyang, Seoul, dan banyak lainnya melalui situs tersebut.

BACA JUGA:   Enam Desa Wisata Peninggalan Megalitikum yang Dapat Dikunjungi Wisatawan

Selain itu, ada juga K-VIBE Concert yang menghadirkan artis K-pop top dengan menggabungkan atraksi lokal Korea (K-Local). Atraksi ini diimplementasikan melalui latar belakang  XR dengan menampilkan pesona Korea di dalamnya. 

Dalam K-VIBE di ZEPETO, sebuah platform metaverse paling terkenal di Korea, KTO menciptakan kembali Gyeongju, sebuah kota yang penuh dengan warisan indah Kerajaan Silla. Di sini, pengguna dapat melihat atraksi populer di daerah tersebut seperti Jalan Hwangridan-gil dan Gyochon Hanok Village.

Ada juga atraksi bersejarah seperti Observatorium Cheomseongdae, Makam Cheonmachong, dan Paviliun Poseokjeong. Selain itu, lokasi trendi seperti Hwangnam Bakery dan Yangji Dabang juga akan ditampilkan untuk mendukung pemilik usaha kecil hingga menambah pengetahuan pengguna.

BACA JUGA:   Kemenpar Raih Dua Penghargaan Anugerah Media Humas 2017

KTO akan menggunakan gambar peserta kampanye untuk membuat video perjalanan, yang nantinya diberikan kepada peserta sebagai hadiah. Melalui video tersebut, para peserta dapat merasakan seolah-olah mereka benar-benar berada di Korea.

Para peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk menerima K-Random Box yang berisi souvenir bertema budaya Korea dan artis K-pop edisi terbatas. Di halaman kampanye, ada fitur ‘Acara Surat Penggemar’, di mana pengguna dapat memilih artis favorit dan lokasi yang ingin dikunjungi di Korea.

Konser K-VIBE yang akan diadakan menggunakan XR diharapkan dapat memamerkan keindahan Korea dan membuat pengguna di seluruh dunia tenggelam dalam pesona Korea. Konser ini rencananya akan diadakan pada bulan Desember dan disiarkan langsung melalui studio real-time. Dengan durasi kurang lebih 80 menit, konser ini akan menampilkan artis K-pop dan atraksi di sekitar Korea termasuk Lotte Tower, Insa-dong, dan Pantai Yangyang Surfyy.

BACA JUGA:   Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Pelaku Perjalanan Tanpa Tes Antigen dan PCR

Direktur Tim Pemasaran Merek KTO, Choongsub Oh, mengatakan bahwa metaverse adalah ekosistem baru yang dapat mendobrak batas negara dan mewujudkan impian dan pengalaman semua orang. Melalui kampanye metaverse, KTO ingin memberikan kesempatan bagi setiap orang di seluruh dunia untuk tenggelam dalam pengalaman baru perjalanan Korea.

“Hal ini juga memberikan kesempatan bagi Korea untuk menunjukkan diri sebagai pemimpin di pasar metaverse,” dia menambahkan.