Mengundang Wisatawan Golf Tandang ke Tanah Air

Thursday, 21 March 24 Bonita Ningsih

Golf salah satu olahraga yang identik sebagai olahraga kalangan orang tua kini telah berubah. Golf kini makin diminati kalangan muda dan menjadikan tidak sebatas olahraga namun sebagai gaya hidup.

Disisi lain, olahraga ini pun menjadi salah satu daya tarik dalam sektor pariwisata. Darma Mangkuluhur Hutomo, Direktur Utama jaringan Lorin Hotel yang juga penikmat golf mengungkapkan, peluang untuk wisata golf di Tanah Air sangat besar.

Menurut beliau, posisi Indonesia di Asia Tenggara untuk wisata golf jauh tertinggal dari Thailand. Thailand memiliki 351 lapangan golf dan mampu mengundang 6 juta wisatawan asing per tahun hanya untuk menikmati bermain golf.

BACA JUGA:   Enam Rekomendasi Tempat Terbaik di Hong Kong Untuk Pecinta Seni Budaya

Sementara itu, Indonesia memiliki 158 lapangan golf setengah dari Thailand. Dengan jumlah lapangan tersebut, wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk main golf baru pada angka 270 ribu wisatawan per tahunnya.

“Pemain golf lokal di Indonesia yang aktif cuma 170 ribu orang, sementara di Thailand mencapai 1 juta orang. Jadi, peluangnya sangat besar,” katanya.

Menangkap peluang tersebut dirinya berencana membangun kawasan yang memenuhi sayarat dengan gaya hidup dari para pegolf, sehingga dapat menarik minat penikmat golf datang ke Indonesia. “Kami sedang persiapkan di kawasan Pecatu Bali. Ini kan bisa meningkat kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” urainya.

BACA JUGA:   Jagoan Pariwisata, Program Kolaborasi Edukatif Kemenparekraf Bersama tiket.com 

Cucu Presiden Suharto ini menambahkan, market terbesar golf saat ini adalah anak muda. Mereka tidak hanya sekedar main golf, tapi juga menikmati gaya hidup, seperti ke driving range, meeting dengan kolega, mereka minum, makan dan lainnya.

“Kita membangun dan siapkan sistem ini untuk mereka,” lanjutnya.

Tak hanya menyiapkan sisi hiburan, Darma memaparkan, bakal menyiapkan kebutuhan akomodasi berupa hotel sehinga para golfer ini dapat menikmati pengalaman yang sempurna dan tak terlupakan saat main golf di Indonesia.

BACA JUGA:   Hong Kong Bagikan 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis, Menparekraf: Ini Bukan Persaingan

“Kita akan bangun butik hotel, lengkap dengan fasilitas kebugaran, kemudian dari dalam kamar sambil menikmati secangkir teh sudah disuguhkan hamparan lapangan golf. Jadi, ini akan menjadi pengalaman menarik bagi anak muda yang baru suka main golf,” ucapnya.