PT Datascrip Hadirkan Solusi Pintar di Rumah Sakit Melalui D’HOST 

Wednesday, 12 October 22 Bonita Ningsih

Rumah sakit kini telah menghadirkan berbagai inovasi untuk memberikan kenyamanan bagi para pasiennya. Salah satu inovasi yang dihadirkan dengan menghadirkan pengalaman menginap seperti di hotel bagi para pasien. Tujuannya untuk menaikkan imun pada pasien sehingga dapat mendukung proses penyembuhan.

Pasien dengan kondisi fisik belum fit pasti akan bergantung pada tenaga perawat atau keluarga yang menemani. Misalnya saja dalam meredupkan lampu, menutup tirai jendela, hingga mengatur suhu pendingin ruangan. Namun, terkadang mereka tidak ada di kamar saat pasien membutuhkan bantuannya. 

Oleh sebabnya, beberapa rumah sakit mulai menawarkan teknologi informasi untuk memudahkan pasien ketika berada di kamar seorang diri. Teknologi tersebut juga dapat menambah kenyamanan bagi pasien hingga membuat manajemen operasional rumah sakit lebih efisien.

Melihat kondisi tersebut, PT Datascrip, mencoba menghadirkan solusi pintar untuk kebutuhan pelayanan optimal di rumah sakit berupa D’HOST (Datascrip Hospital Smart System). Ini merupakan solusi smart room untuk kebutuhan ruang kamar inap rumah sakit, menghadirkan pengalaman, meningkatkan kenyamanan pasien, sekaligus meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional rumah sakit.

BACA JUGA:   Rayakan Ulang Tahun Ke-2, DatascripMall.ID Bagikan Promo Double Salebration

Menggabungkan sistem informasi rumah sakit dan platform D’HOST, pasien dapat dengan mudah melakukan pengaturan kamar. Misalnya saja mengatur suhu pendingin ruangan, televisi, pengaturan cahaya, kontak dengan perawat hingga membuat jadwal kunjungan dokter. Sistem operasionalnya pun cukup mudah yaitu melalui aplikasi D’HOST pada perangkat tablet yang ada di samping tempat tidur pasien.

“Tanpa meninggalkan tempat tidur, pasien dan keluarga dapat melakukan pengaturan kamar, melihat hasil tes dan informasi kondisi perawatan dari sistem aplikasi D’HOST. Ini juga meminimalisir resiko jatuh pasien ketika harus bangun dari tempat tidur sekadar untuk menyalakan lampu sehingga pasien dapat menjalani masa perawatan dengan optimal,” ujar Hardi Widjaja, Marketing Manager PT Datascrip.

BACA JUGA:   PT Datascrip Ditunjuk Sebagai Distributor Dell di Indonesia

D’HOST mengintegrasikan perangkat yang ada di ruang rawat inap melalui Automation Module Controller untuk menghubungkannya dengan server D’HOST, termasuk sistem informasi rumah sakit. Sistem menghubungkan data pada server D’HOST ke aplikasi D’HOST yang ada pada perangkat tablet melalui koneksi Wi-Fi.

Dengan tampilan aplikasi D’HOST, pasien juga akan mendapatkan informasi jadwal pertemuan dengan dokter. Selain itu, pasien dapat dengan mudah merencanakan menu makan hingga mengatur jadwal untuk membersihkan dan merapikan kamar.

Di sisi lain, pihak manajemen rumah sakit bisa dengan mudah mendapatkan informasi serta mengatur kebutuhan pasien melalui solusi D’HOST. Dengan demikian, proses kerja menjadi lebih efektif dan juga efisien. 

Pada ruang rawat inap rumah sakit konvensional, tombol panggil perawat menjadi jalur utama untuk setiap kebutuhan pasien. Misalnya saja meminta perubahan suhu ruangan, meredupkan lampu, menutup tirai, dan permintaan lainnya. Dengan sistem D’HOST, dapat mengurangi kelelahan perawat untuk hal-hal kecil tersebut, namun dapat memberikan banyak waktu kepada hal yang lebih penting bagi pasien.

BACA JUGA:   Bandara di Asia-Pasifik Butuh Bantuan Pemerintah

“Sistem D’HOST menghadirkan kamar pintar, menghubungkan berbagai perangkat yang ada di ruang rawat inap serta sistem informasi rumah sakit ke dalam satu aplikasi. Selain memberikan pengalaman bagi pasien, solusi ini juga menjadi nilai tambah yaitu meningkatkan kualitas layanan dan prestise rumah sakit dengan memaksimalkan kualitas masa perawatan,” kata Hardi lagi.