Sandiaga Uno, Menteri Dengan Kunjungan Kerja Terbanyak

Wednesday, 12 October 22 Harry
Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai menteri yang paling banyak mengadakan kunjungan kerja ke desa unggulan. Penghargaan tersebut diberikan pada 3 Oktober 2022.

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh insan Kemenparekraf dan 40 juta insan parekraf yang ada di Indonesia, agar kita termotivasi untuk bekerja lebih keras, bekerja lebih cerdas, bekerja lebih tuntas, dan bekerja lebih ikhlas,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:   Kunjungi Konferensi dan Pameran Pariwisata Asia Ternama di Singapura

Sejak menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 23 Desember 2020, hingga September 2022 Sandiaga tercatat telah melakukan kunjungan kerja ke 1.425 desa unggulan dari 74.961 desa yang tersebar di 8.506 kelurahan di Indonesia.

Kunjungan kerja tersebut merupakan bagian dari visitasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang merupakan salah satu program prioritas Kemenparekraf untuk mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca-pandemi melalui pengembangan desa wisata.

BACA JUGA:   MICE dari Joop Ave sampai Sandiaga Uno 

Pada tahun 2021 sebanyak 1.831 desa mendaftar dalam ajang ADWI 2021. Sementara pada tahun 2022 ada 3.419 peserta desa wisata dari 34 provinsi yang mendaftar pada ADWI 2022. Dari total pendaftar ADWI kemudian dikurasi dan dipilih 50 besar desa wisata terbaik yang memenuhi tujuh kategori penilaian, yakni daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, suvenir, toilet umum, CHSE dan kelembagaan desa.