Sambut Event Internasional, Pemerintah Tata Ulang TMII

Thursday, 27 January 22 Bonita Ningsih

Media sosial tengah digemparkan dengan video terkait kondisi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tidak terawat. Beberapa fasilitas seperti wahana bermain di TMII terlihat terbengkalai pasca diambil alih oleh pemerintah pada tahun lalu.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengakui bahwa memang ada salah satu wahana di TMII yang perlu diperbaiki. Menurutnya, wahana tersebut sebelumnya telah dikelola pihak swasta, namun sempat terhenti lantaran terdampak pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Sandiaga, meyakini kondisi tersebut hanya sementara saja karena saat ini pemerintah tengah menyiapkan beberapa program untuk melakukan penataan ulang TMII. Tujuan utamanya adalah untuk menyambut berbagai penyelenggaraan event internasional yang akan digelar di TMII.

BACA JUGA:   Ini Tarif Glamping Kelana Untuk Alternatif Akomodasi di MotoGP 2022

“Gambar-gambar yang viral tersebut memang menjadi sarana kita untuk meningkatkan kinerja. Bangunan tersebut akan menjadi bagian yang mulai ditata ulang dan sedang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Sandiaga. 

Dia menjelaskan, TMII diambil alih oleh pemerintah dengan maksud untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik, khususnya untuk kebangkitan ekonomi dan sektor pariwisata. Dalam melakukan renovasinya, pihak PUPR akan bekerja dengan desain yang menarik dan berharap mendapatkan dukungan dari semua masyarakat. 

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Evaluasi Pelaksanaan Tes Pramusim MotoGP 2022 

“Saat ini proses penataan ulang sedang berlangsung dan kita harap wajah baru TMII bisa memberikan pengalaman berwisata yang berkualitas dan berkelanjutan bagi para wisatawan,” ujarnya lagi.

Selain itu, tata ulang TMII juga dimaksudkan untuk menyambut berbagai penyelenggaraan event internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Pemerintah bersama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko tengah menyiapkan berbagai program menarik untuk menyambut event tersebut. Beberapa wahana hingga museum akan segera diperbaiki agar rangkaian kegiatan internasional yang digelar di Indonesia berjalan lancar.

“Saya sendiri sudah bertemu dengan pihak pengelola TWC. Kami sudah berdiskusi dan menggagas beberapa kegiatan Road to G20, Asean Summit, dan juga MotoGP,” ucapnya lagi. 

BACA JUGA:   Bersiap Sambut Pemulihan Industri MICE

Dengan adanya tata ulang tersebut, TMII telah siap menjadi destinasi unggulan yang menjadi favorit warga Indonesia. Selain itu, program-program yang telah dirancang juga diharapkan dapat memperkenalkan TMII ke masyarakat dunia melalui kunjungan para delegasi di acara internasional.