Tiga Kota di Inggris Menjadi Sasaran Sales Mission Wonderful Indonesia

Thursday, 26 October 17 0 Comments   Harry Purnama
Branding Wonderful Indonesia
Foto: Dok. Kementerian Pariwisata

Sales Mission Wonderful Indonesia mulai mengarah ke Inggris. Bersama BPPD Badung, Wonderful Indonesia siap mengeluarkan seluruh jurus pamungkasnya di tiga kota besar Inggris pada 31 Oktober hingga 2 November 2017.

Semua potensi wisata yang disukai wisman Inggris dipastikan ikut diboyong ke Negeri Ratu Elizabeth itu. Leisure yang terkait bahari, wisata alam, hingga wisata budaya semua ditawarkan. Semua ikut dipasarkan di ajang pemanasan sebelum WTM London 2017.

“Ini momentum untuk memaksimalkan pemasaran Wonderful Indonesia di Inggris. London, Bristol, dan Manchester akan langsung disentuh jurus Sales Mission Wonderful Indonesia,” ujar I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata

Sebanyak 11 industri pariwisata ikut diboyong ke Inggris, dan akselerasinya akan diperkuat dengan kehadiran Garuda Indonesia serta Singapore Airlines. “Nanti semuanya akan bertemu dengan 40 industri lokal yang sebagian besar terdiri dari operator wisata,” ujar Pitana.

Untuk memberikan gambaran kekayaan alam dan budaya Indonesia, dalam kegiatan ini Wonderful Indonesia juga akan menampilkan tarian dan makanan tradisional. “Sajian tersebut akan semakin mendorong tagline Wonderful Indonesia, yaitu explore further. Inilah ajakan yang mendorong wisman mengeksplor keindahan alam, kesenian dan kerajinan yang unik, musik yang khas, kekayaan gastronomi, destinasi wisata, dan yang terpenting adalah keramahan masyarakat Indonesia,” ujar Pitana.

Untuk semakin memikat buyer, di setiap akhir table top akan diundi door prize dua paket famtrip untuk dua orang. Program famtrip bertujuan memperkenalkan produk-produk wisata Indonesia yang ditawarkan dalam Sales Mission ini kepada pelaku pasar Inggris.

‚ÄĚKenapa kami memilih ketiga kota tersebut? London itu jantungnya kota Inggris, Bristol kota terbaik di Inggris, dan Manchester sangat terkenal. Potensinya masih sangat besar untuk dioptimalkan,” ujar Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata.

Menurut data Kementerian Pariwisata, jumlah wisatawan dari Eropa yang berkunjung ke Indonesia pada tahun lalu mencapai 1 juta orang. “Dari jumlah itu, Inggris menyumbang 328.882 wisman ke Indonesia. Jumlahnya meningkat 21,9 persen dari tahun 2015 yang hanya 269.798 wisman. Pada tahun 2017, jumlah wisman asal Inggris ditargetkan akan mencapai 384.000 wisman,” ujar Nia.

Bidikan target itu bukan tanpa alasan. Saat ini, branding Wonderful Indonesia berkibar sangat bagus di Negeri Elizabeth. Cerminannya bisa dilihat dari terpasangnya poster di 27 main London Tube Stations dan liputan di 200 media lokal dan nasional Inggris. Upaya ini diyakini makin kuat mendorong minat kunjungan dan mempermudah calon wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai paket-paket wisata ke Indonesia.

“Tren wisatawan Inggris ke Indonesia hingga Agustus 2017 tercatat sudah 245.081 wisman. Itu artinya 63,82 persen dari target kunjungan wisman Inggris telah tercapai,” ujar Nia. Potensi peningkatannya pun diyakini masih sangat mungkin dicapai, sebab peak season untuk waktu berlibur wisman Inggris adalah menjelang akhir tahun.