Enam Rekomendasi Tempat Terbaik di Hong Kong Untuk Pecinta Seni Budaya

Friday, 18 November 22 Bonita Ningsih

Seiring dengan menurunnya kasus COVID-19 di dunia, Hong Kong mulai bersiap kembali untuk menghadirkan banyak wisatawan ke negaranya. Kesiapan ini dilakukan setelah pemerintah Hong Kong meringankan aturan karantina dan mengumumkan aturan khusus untuk kelompok wisatawan.

Dengan dibukanya kembali pariwisatanya, pemerintah Hong Kong mulai mempersiapkan berbagai jenis kegiatan untuk para turis. Tak hanya untuk wisata belanja dan kuliner, tetapi juga untuk para pecinta seni.

Dengan perpaduan unik antara warisan Tiongkok dan budaya Barat, Hong Kong adalah tempat peleburan yang sempurna untuk menikmati seni jalanan. Dengan demikian, Hong Kong, menjadi salah satu negara yang sering kali menggelar pameran seni modern hingga pertunjukan kelas dunia.

Berikut ini beberapa tempat yang dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk mendapatkan pengalaman seni dan budaya terbaru di Hong Kong.

  1. M+

Tempat ini menjadi salah satu museum budaya visual modern dan kontemporer terbesar di dunia yang paling dinanti para pecinta seni. Museum ini terletak di West Kowloon Cultural District yang menghadap ke Pelabuhan Victoria.

  1. Hong Kong Museum of Art (HKMoA)
BACA JUGA:   Menyusuri Kota 1.000 Sungai

Museum yang didirikan pada tahun 1962 ini telah melakukan program perluasan dan renovasi selama empat tahun. Kembali dibuka pada November 2019, museum ini menampilkan dunia kontras yang luas dari lama ke baru, Cina ke Barat, lokal hingga internasional, dengan sudut pandang Hong Kong. Terletak di Tsim Sha Tsui, Kowloon, museum ini mampu menjadikan seni relevan bagi semua orang, menciptakan pengalaman, dan pemahaman baru.

  1. Hong Kong Palace Museum (HKPM)

Dirilis pada Juli 2022, HKPM menjadi tempat baru di Hong Kong untuk para pecinta seni dan budaya. Sejak dirilis, tempat ini secara rutin menghadirkan pameran khusus yang menampilkan seni budaya Tiongkok, serta seni dan harta karun dari belahan dunia lain. 

HKPM terletak di situs seluas 13.000 meter persegi di ujung barat West Kowloon Cultural District,. Terdapat sembilan galeri di dalamnya dan menyajikan hampir 1.000 harta karun tak ternilai dari Palace Museum di Beijing. 

  1. Tai Kwun 

Merupakan salah satu proyek revitalisasi paling signifikan di Hong Kong yang dibuka pada Mei 2018. Situs ini terdiri dari tiga Declared Monuments di Hong Kong – bekas Kantor Polisi Pusat, Kejaksaan Pusat, dan Penjara Victoria.

BACA JUGA:   Industri Pariwisata Butuh Lebih Banyak Lulusan Vokasi Dibanding Sarjana

Dalam bahasa Cina, Tai Kwun, memiliki arti “stasiun besar” yang nama sehari-harinya digunakan oleh orang-orang Hong Kong untuk merujuk pada bekas markas polisi dan kompleks sekitarnya. Nama tersebut telah diadopsi sebagai pengingat akan pentingnya sejarah situs warisan hidup ini.

Selain kaya akan warisan, pengunjung juga dapat menikmati perpaduan eklektik dari pameran seni visual, pertunjukan musik dan teater, pemutaran film, dan program pendidikan yang menampilkan sejarah dan budaya Hong Kong. Di tempat ini juga, para pengunjung dapat menikmati konser makan siang gratis, pembukaan pertunjukan malam hari, dan deretan gerai makanan minuman.

  1. Xiqu Center

Xiqu Center merupakan gedung pertunjukan pemenang penghargaan yang menampilkan produksi opera Kanton kelas dunia dan bentuk opera Tiongkok (xiqu) regional lainnya. Tujuan dibangunnya Xiqu Center adalah untuk melestarikan dan memamerkan bentuk seni pertunjukan tradisional opera Kanton.

Tempat ini menampilkan grup pemenang penghargaan hingga seniman-seniman master dan bakat baru. Selain itu, menawarkan drama klasik berskala besar, produksi regional yang langka, dan kreasi kontemporer eksperimental. 

  1. Wan Chai dan Sai Ying Pun
BACA JUGA:   Maldives Raih Predikat World's Leading Destinations Tiga Tahun Beturut

Hong Kong memiliki beberapa klaster mural terbaik di dunia seperti di Wan Chai dan Sai Ying Pun. Kedua tempat tersebut menjadi yang terbaik bagi wisatawan untuk meningkatkan feeds instagramnya. 

Sejumlah karya seniman lokal maupun internasional telah meninggalkan jejaknya dalam bentuk seni dinding yang menawan. Mural-mural tersebut disegarkan dari waktu ke waktu oleh seniman jalanan terkenal dan berbagai kelompok seni di daerahnya. 

Melalui museum dan pusat seni tersebut, Hong Kong akan menjadi suguhan nyata bagi para pecinta seni di seluruh dunia. Wisatawan dapat dengan mudah melakukan kegiatan seni dan budaya saat berkunjung ke Hong Kong dan merasakan pengalaman tak terlupakan.