HOMEDEC 2022 Hadirkan Area Khusus Produk Lokal dan UMKM

Wednesday, 31 August 22 Bonita Ningsih

Hadir sejak tahun 2015, HOMEDEC (Home Design & Interior Exhibition) garapan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition memang selalu menampilkan sesuatu yang baru bagi para peserta maupun pengunjung pameran. Tak hanya tema, HOMEDEC 2022, juga akan memberikan inovasi terbaru salah satunya berupa Lokal Produk Area.

“Area ini akan didedikasikan untuk lokal produk dan para UMKM yang ingin memamerkan produk kebutuhan rumah. Saat ini, kita tahu sudah banyak produk lokal yang estetik dan biasa dijual di e-commerce atau sosial media, nah, itu yang akan undang di acara ini,” ungkap R. Arief Sofyan Rudiantoro, Direktur PT CIS Exhibition, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta pada 30 Agustus 2022.

Arief mengatakan, HOMEDEC memang sudah beberapa kali menghadirkan lokal produk ke dalam pamerannya. Namun, baru tahun ini pihaknya secara khusus menyediakan area khusus untuk mengumpulkan hasil produk dari para pelaku lokal Indonesia.

Pada tahun 2019, HOMEDEC, berhasil membawa beberapa produk lokal untuk dipamerkan selama acara berlangsung. Beberapa produk lokal yang diingat Arief adalah barang-barang kebutuhan dapur berbahan dasar kayu seperti sodet, sutil, hingga talenan. 

“Produknya bagus-bagus dan saat pameran ternyata hasil transaksinya sangat bagus. Sekarang, kita coba bawa lagi dan menawarkan satu area khusus bagi mereka. Kita angkat potensi lokal karena kualitasnya tidak kalah dengan produk branded,” Arief menambahkan. 

Novita Herawati, Sales Manager PT CIS Exhibition, menambahkan pada HOMEDEC 2019 juga menghadirkan produk lokal dari Cirebon. Kala itu, produk yang dipamerkan berupa kerajinan rotan seperti tudung saji makanan hingga tempat tisu. 

“Ini semua yang akan kami angkat, tujuannya untuk membantu para UMKM di Indonesia agar dapat menampilkan produknya di sini. Mereka juga dapat berinteraksi langsung di HOMEDEC 2022,” ucap Novita.

Hal lainnya yang akan dilakukan untuk keberlangsungan negeri ini adalah membuat kampanye Zero Waste. Dalam kampanye ini, pihaknya akan bekerja sama dengan sebuah komunitas untuk mengajarkan para pengunjung agar bijak terhadap pengelolaan sampah rumah tangga.

“Saat ini kerja sama tersebut sedang kami jajaki. Jadi, nanti selama pameran para pengunjung bisa membawa sampah rumah tangga seperti panci bekas, plastik, hingga tempat makan dan minum bekas untuk dapat ditukarkan dengan hadiah menarik,” jelas Arief.

Nantinya, hasil sampah rumah tangga tersebut akan didaur ulang dan dikelola menjadi produk ramah lingkungan yang bisa digunakan di kemudian hari. Selain dapat mengurangi sampah rumah tangga, tujuan dari program ini adalah untuk melestarikan lingkungan.

“Melalui program ini, kami ingin semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam pelestarian lingkungan dan banyak yang menggunakan produk-produk daur ulang,” ujarnya lagi.

HOMEDEC akan diselenggarakan pada tanggal 15-18 Desember 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Masyarakat dapat berkunjung secara gratis ke HOMEDEC 2022 untuk memenuhi kebutuhan rumah mulai dari renovasi, redekorasi, dan rekondisi rumah.